PSBB JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 4 JUNI

PSBB JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 4 JUNI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu Kota. PSBB di Jakarta diperpanjang selama 14 hari sampai 4 Juni 2020. Perpanjangan PSBB di Jakarta disampaikan oleh Anies saat memaparkan evaluasi PSBB. Ia menegaskan saat ini belum akan melakukan pelonggaran PSBB, meski pemerintah pusat tengah mengkaji wacana tersebut.

"Pemprov DKI, Gugus Tugas DKI, menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa Jakarta akan menambah PSBB selama 14 hari mulai 22 Mei sampai 4 Juni," ujar Anies dalam siaran YouTube Pemprov DKI Jakarta, Selasa (19/5/2020)

Anies berujar, PSBB selama dua pekan ke depan menjadi periode yang menentukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jakarta. Kuncinya, warga tetap menaati ketentuan PSBB. "Ini akan bisa jadi PSBB penghabisan jika kita disiplin," kata Anies. Pasien positif Covid-19 di Jakarta mencapai 6.053 orang per Selasa ini. Jumlah pasien yang terinfeksi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) itu bertambah 43 orang dibandingkan data terakhir pada Senin kemarin, yaitu sebanyak 6.010 pasien. Penambahan pasien positif Covid-19 diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan kemarin. Dari total pasien positif Covid-19, sebanyak 1.417 orang dinyatakan sembuh, bertambah 116 orang dibandingkan kemarin, yakni 1.301 pasien sembuh. 

Anies berharap PSBB jilid ketiga ini bisa jadi yang terakhir. Jika PSBB berakhir, masyarakat bisa kembali beraktivitas normal dengan gaya baru atau new normal.

"Ini insyaallah bisa menjadi fase terakhir PSBB kita. Sesudah itu kita akan bisa kembali berkegiatan dengan meningkatkan kewaspadaan. Ada protokol yang harus diikuti menggunakan masker, cuci tangan rutin, jaga jarak, kalau sakit tidak pergi, kalau ada keluhan segera periksa. Kewaspadaan ditingkatkan," ucap Anies.

"Tapi 2 pekan ke depan adalah kunci. Karena itu, 14 hari ke depan mulai tanggal 22 sampai dengan tanggal 4 ini adalah masa menentukan. Apakah kita akan rata, apakah kita akan naik ataukah kita akan turun," tambah dia.

Sumber: Kompas.com, Detik.com




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF