SERTIFIKASI APLIKATOR BAJA RINGAN ARFI

SERTIFIKASI APLIKATOR BAJA RINGAN ARFI

Pemasangan rangka atap baja ringan memang memerlukan keahlian khusus, sehingga sangat dibutuhkan tenaga pemasang yang terlatih dan menguasai secara pasti standar pemasangan yang baik dan benar. Sedangkan kondisi saat ini masih sedikit lembaga atau badan yang menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bagi aplikator   rangka atap baja ringan yang mempunyai kemampuan serta ketrampilan yang memadai. Pelatihan dan sertifikasi ini juga sangat penting sebagai modal guna menghadapi persaingan antar aplikator di Indonesia sendiri dan juga negara lain seiring dengan diberlakukannya perjanjian AFTA (Asean Free Trade Area) untuk SDM dibidang konstruksi.

Berangkat dari pemikiran tersebut dan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial, Asosiasi Roll Former Indonesia (ARFI) yang merupakan  gabungan beberapa perusahaan yang bergerak dibidang industri produsen baja hilir, dengan produk-produk genteng metal, baja ringan dan produk akhir roll forming lainnya, tergerak untuk menyelenggarakan PROGAM SERTIFIKASI APLIKATOR RANGKA ATAP BAJA RINGAN bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Kontruksi (DJBK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Seperti dijelaskan oleh Nicolas Kusuma , Sekeretaris Jenderal Asosiasi Roll Former Indonesia (ARFI ),  bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah peningkatan mutu dari SDM. Dan peran ARFI dalam hal ini adalah bagaimana bisa mensertifikasi tenaga ahli pemasangan rangka atap baja ringan .

“Dengan adanya sertifikasi ini tentu saja nilai jual SDM kita akan jauh lebih diapresiasi di pasar serta  keamanan produk sendiri baik bagi pemasang , baik bagi pengguna atau pemilik bangunan itu sendiri . Dan yang paling utama adalah untuk menstandarisasikan keseluruhan rangka atap baja ringan ke seluruh Indonesia “, Nicolas menambahkan. 

Mengusung tema “Mari menjadi bagian dari terciptanya SDM Konstruksi handal melalui pelatihan/sertifikasi oleh ARFI”, kegiatan ini berlangsung di Balai Jasa Konstruksi  Wilayah III Jakarta, Direktorat Jendral Bina Kontruksi Kementerian PUP, yang berlangsung pada 26 – 27 Februaru 2020 dan diikuti oleh sekitar 100 aplikator rangka atap baja ringan se Jabodetabek.

Bersamaan dengan berlangsungnya cara sertifikasi ini, diselenggrakan pula launching buku modul Sertifikasi Aplikator Rangka Atap Baja Ringan ARFI yang dilakukan oleh Stephanus Koeswandi, selaku Ketua ARFI yang didampingi oleh jajaran pengurus ARFI dan pejabat kementerian PUPR terkait. 

Dengan diterbitkannya Buku/Modul Sertifikasi Aplikator Rangka Atap Baja Ringan oleh ARFI ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi instansi terkait dalam melaksanakan pelatihan dan sertifikasi aplikator rangka atap baja ringan di Indonesia.




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF