JANGAN GUNAKAN SCRUB WAJAH UNTUK SCRUB MUKA, YA!

JANGAN GUNAKAN SCRUB WAJAH UNTUK SCRUB MUKA, YA!

Nah, bicara soal scrub badan, terkadang ada juga yang mengaplikasikannya ke wajah karena bahan yang dipakai merupakan bahan alami, seperti gula, kopi, atau garam, serta bahan-bahan lainnya. Sehingga, ada pemikiran, hal itu tidak apa-apa dilakukan dan minim efek samping. Kenyataannya, mengaplikasikan scrub badan ke wajah itu sangat tidak direkomendasikan, sekalipun bahan-bahannya adalah bahan alami dan memiliki fungsi yang sama.

Kulit badan dan wajah itu berbeda. Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif ketimbang kulit badan, sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih lembut. Untuk alasan yang satu ini, mirip dengan alasan mengapa Anda tidak boleh mengaplikasikan sabun badan ke wajah. Scrub badan biasanya memiliki butiran yang lebih besar dan kasar ketimbang butiran scrub khusus wajah. Bahan aktif yang dikandung scrub badan juga akan lebih kuat (konsentrasi asamnya lebih tinggi), sehingga berbahaya kalau dipakai di wajah.

Bayangkan saja, kulit wajah yang tipis digosok dengan butiran scrub yang besar dan keras, ditambah bahan aktif yang kuat pula. Tak lama setelahnya, pasti kulit akan memerah dan perih karena terjadi iritasi kulit.

Jangan berpikir juga bahwa dengan menggosokkan scrub badan yang besar dan kasar ke wajah, komedo serta sel kulit mati lebih mudah terangkat. Itu hanya membuat proses eksfoliasi wajah menjadi sangat tak efektif dan berisiko.

Pemilik kulit sensitif pun sangat dianjurkan untuk tidak mencoba metode ini. Bukan hanya merah dan perih, tapi juga bisa timbul luka di kulit seperti luka goresan. Mau untung, malah jadi buntung, kan? Jadi, jangan pernah mengaplikasikan scrub badan untuk wajah, ya!

Sumber: Klikdokter




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF