7 Jenis Kacang Terbaik untuk Kesehatan, Cocok Jadi Camilan!

7 Jenis Kacang Terbaik untuk Kesehatan, Cocok Jadi Camilan!

Umumnya, kacang sering dihindari orang karena dipercaya menyebabkan jerawat dan kegemukan. Padahal, kacang mengandung lemak sehat dan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, ukurannya yang kecil tapi mengenyangkan membuatnya cocok dijadikan camilan di kala senggang. 

Ada banyak pilihan kacang sehat yang bisa kamu pilih. Dilansir laman The Healthy dan Women’s Health, ini tujuh kacang terbaik untuk kesehatan yang gampang kamu temui! 

1. Kacang Almond
Siapa, sih, yang gak kenal kacang almon? Kacang ini merupakan sumber vitamin E, kalsium, magnesium, dan folat yang baik bagi tubuh. Karena kandungannya ini, kacang almon bisa bantu jaga berat badan dan mengurangi inflamasi dalam tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat makan kacang almon bagi para penderita diabetes, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengontrol glukosa. Gak cuma makan kacangnya, kamu juga bisa menikmati almon dalam bentuk susu, tepung, atau menteganya, lho!
2. Kacang Kenari (Walnut)
Kacang kenari merupakan sumber lemak sehat omega-3 yang baik. Lemak sehat ini termasuk nutrisi esensial yang dibutuhkan, tapi tidak diproduksi tubuh. Dengan mengonsumsi cukup kacang kenari, kamu bisa bantu memenuhi kebutuhan omega-3 dalam tubuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kacang kenari juga mengandung beberapa nutrisi nabati yang bersifat antioksidan untuk melawan kanker. Kamu bisa menikmati kacang ini secara langsung atau menambahkannya ke menu oatmeal harianmu.
3. Kacang Pistachio
Kacang pistachio mengandung resveratrol, sebuah antioksidan yang menurut penelitian berkaitan dengan kadar glukosa seimbang pada penderita diabetes. Selain itu, kacang ini juga salah satu kacang yang kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menikmati kacang pistachio secara langsung atau coba tambahkan ke dalam salad.
4. Kacang Macadamia
Kacang yang berasal dari Australia ini kaya akan thiamin atau vitamin B1, mangan, dan tembaga. Selain itu, kacang ini juga mengandung lemak tak jenuh sehat yang biasa ditemukan di alpukat dan minyak zaitun. Menurut penelitian, mengonsumsi kacang macadamia dapat membantu jaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Coba tambahkan kacang mahal ini ke dalam salad atau nikmati secara langsung.
5. Kaca Mete (Cashew)
Kacang mete atau cashew mengandung fosfor, magnesium, tembaga, dan mangan yang penting bagi tubuh. Kandungan zat besinya juga terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan kacang lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang mete secara rutin dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Kalian juga bisa menambahkan kacang mete ke dalam salad, oatmeal, atau masakan tumis. Sedap!
6. Kacang Tanah
Kacang tanah sebenarnya termasuk dalam keluarga polong-polongan. Kacang yang mudah didapat ini merupakan sumber protein, magnesium, dan fosfor yang baik bagi kesehatan. Selain dinikmati secara langsung, kamu juga bisa menikmatinya dalam bentuk selai yang nikmat.
7. Kacang Brasil
Kacang berukuran besar ini kaya akan selenium, sebuah mineral yang terlibat dalam produksi hormon oleh kelenjar tiroid. Selenium juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Makan kacang brasil dapat menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah. Untuk menikmatinya, kamu bisa makan secara langsung atau tambahkan ke dalam masakan untuk memberi kerenyahan dengan mencacahnya.

Nah, mana di antara tujuh kacang di atas yang menarik perhatianmu? Mana yang paling sering kamu temui dan kamu konsumsi? Apa pun jenisnya, kamu tetap perlu memperhatikan asupannya sehari-hari, ya! Kalori dan lemak yang tinggi pada kacang bisa menyebabkan kegemukan dan masalah kesehatan bila tidak dikontrol. Stay healthy!

Sumber: IDN Times




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF