World Diabetes Day 2021: Mendesaknya Kebutuhan Fasilitas Penatalaksanaan Diabetes Terpadu

World Diabetes Day 2021: Mendesaknya Kebutuhan Fasilitas Penatalaksanaan Diabetes Terpadu

International Diabetes Federation (IDF) menyebut, secara global, penderita diabetes mencapai sedikitnya 463 juta orang pada 2019 lalu. Indonesia memiliki 10,7 juta orang yang menyandang penyakit ini - memposisikannya pada peringkat ketujuh dari 10 negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia. Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.

 

Di samping itu, temuan Riskesdas 2018 menegaskan situasi penyakit diabetes di Tanah Air yang masih mengkhawatirkan. Berdasarkan riset lima tahunan tersebut, prevalensi diabetes di Indonesia pada 2018 sudah sebesar 2,0%; meningkat dibandingkan 2013 yang baru 1,5% (berlandas diagnosis dokter). Diprediksi, lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang tak menyadari telah terjangkit penyakit ini.

 

Artinya, bagi kalangan umum, pemeriksaan menyeluruh sangatlah mendesak ... tanpa perlu menunggu gejala diabetes muncul. Sementara, bagi yang sudah menyandang, penanganan yang mencakup empat pilar penatalaksanaan diabetes harus terimplementasi dengan disiplin. Fasilitas kesehatan yang mampu memberikan penanganan diabetes secara terpadu menjadi kunci. Tanpa itu, diabetes bisa berujung menjadi komplikasi penyakit yang lebih kronis,termasuk gangguan mata, bahkan kebutaan.

 

Memperingati World Diabetes Day 2021 yang mengusung tema ‘Access to Diabetes Care’, JEC Eye Hospitals & Clinics nkembali mengundang rekan media untuk menghadiri JEC Eye Talks untuk membahas situasi diabetes di Indonesia, penatalaksanaan berbasis 4 pilar, serta risikonya terhadap organ mata – pada Selasa. 16 November 2021 jam 13.00 WIB secara virtual dengan narasumber Dr. Referano Agustiawan, SpM(K), Direktur Utama RS Mata JEC@Kedoya, Vitreo-Retina, Cataract Specialist JEC Eye Hospitals and Clinics dan Dr. Bhanu Kumar, BMedSc, SpPD, Internist Specialist JEC Eye Hospitals and Clinics.




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF