5 Tips Agar Tetap Bisa Makan Sehat Meski Budget Terbatas

5 Tips Agar Tetap Bisa Makan Sehat Meski Budget Terbatas

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu faktor untuk menjaga kebugaran tubuh. tidak jarang orang menghabiskan banyak uang demi berburu bahan yang segar. Akan tetapi, di masa pandemi ini, kita harus benar-benar merencanakan keuangan agar tidak sampai minus. Nah, jika budget terbatas, kadangkala kita melewatkan makanan sehat dan terpaksa harus menyantap mi instan. Padahal, kamu masih bisa kok mendapatkan yang terbaik asalkan bisa mengatur keuangan dan juga jenis makanan. Gimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini!

1. Memasak sendiri dan rencanakan menu makanan selama seminggu
Hal pertama yang patut dilakukan adalah memutuskan untuk memasak sendiri dan membuat perencanaan menu. Kamu bisa mulai dengan melihat isi kulkas, lalu sesuaikan dengan bahan sederhana dan sayur musiman.  Sayur musiman biasanya tersedia dalam jumlah banyak dengan harga yang relatif lebih murah. Hindari membeli brokoli ketika tidak musim, karena itu hanya membuat kamu mengeluarkan uang ekstra. Buatlah daftar belanja dan periksa jika bahan yang ingin kamu beli terlalu mahal.
2. Masak dalam porsi besar
Jika kamu suka menonton drama Korea, tentu pernah melihat porsi makanan yang mereka sajikan di meja makan. Mereka biasa memasak dalam porsi besar, menyimpan di kulkas, dan kemudian mengeluarkannya dengan porsi secukupnya saat makan. Percaya atau tidak, selain menghemat waktu, memasak dalam porsi besar bisa menghemat uang. Misalnya kamu kelaparan sepulang kerja tetapi terlalu lelah untuk memasak. Hal pertama yang kamu pikirkan tentu membeli makanan jadi. Seandainya saja kamu punya simpanan lauk, maka kamu hanya perlu memasak nasi sembari mandi. Lebih hemat dan juga sehat ketimbang membuat mi instan bukan?
Saat senggang, kamu bisa memasak lauk kering macam kering tempe atau serundeng dalam jumlah banyak dan menyimpannya dalam wadah tertutup. Lauk seperti ini bisa tahan lama dan melengkapi gizi dengan lebih baik ketimbang mi instan.
3. Masak sekali sehari
Mungkin susah, tetapi masak sekali sehari akan membuatmu lebih hemat. Memiliki persediaan makanan lebih banyak akan meminimalkan keinginan untuk ngemil atau membeli makanan saat sedang lapar. Kenapa? Ya, karena merasa sayang jika makanan yang sudah dimasak tersebut pada akhirnya terbuang. Selain itu, menyiapkan banyak porsi dalam sekali juga akan menghemat waktu dan membuat kamu tetap berpegang teguh pada perencanaan menu ketika sedang tidak bersemangat.
4. Kurangi membeli cemilan
Camilan macam keripik ataupun minuman kemasan biasanya sudah diberi penyedap ataupun pemanis tambahan. Selain tidak bagus untuk kesehatan, camilan macam ini juga tidak sehat di kantong. Coba bayangkan, harga sebotol minuman jeruk dengan bulir setidaknya adalah Rp 5ribu. Dengan uang segitu, kamu bisa mendapat dua ikat sayur yang jauh lebih sehat. Kesannya memang pelit, tetapi ingatlah bahwa prioritas kita sekarang adalah makan sehat dengan budget terbatas. Jika tidak ingin kantong jebol, maka godaan berupa sebotol minuman jeruk harus bisa dilewatkan.
5. Pilih protein yang murah
Ikan laut memang sehat, daging sapi memang berkualitas tinggi, tetapi kedua bahan tersebut harganya lebih mahal ketimbang telur dan daging ayam. Protein nabati seperti kedelai bahkan jauh lebih bersahabat. Kamu bisa mencoba mengolah tahu tempe dengan telur ataupun sedikit teri dalam satu menu. Atau, jika memang ingin mengurangi biaya, cobalah menjadi vegetarian.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa makan sehat meski budget terbatas. Semoga bermanfaat ya!

​​​​​​​Sumber: IDN Times




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF