8 Hidangan Utama yang Selalu Wajib Ada Saat Lebaran

8 Hidangan Utama yang Selalu Wajib Ada Saat Lebaran

Tidak terasa hari raya Idulfitri tinggal menghitung hari lagi. Segala persiapan dari membeli pakaian baru, membeli kue Lebaran, serta memasak makanan spesial kala Lebaran tiba pun menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Berikut ini hidangan-hidangan yang biasanya disajikan.

1. Ketupat
Ketupat yang menjadi kudapan pengganti nasi dengan berbahan dasar beras atau ketan ini adalah makanan wajib dan khas pada saat Lebaran. Rasanya seperti ada yang kurang saat Lebaran tanpa ketupat. Bahkan ada filosofi di balik ketupat dan makna Lebaran. Dalam bahasa Jawa, ketupat atau kupat merupakan singkatan dari ngaku lepat dan laku papat. Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan dan laku papat artinya empat tindakan yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), dan Laburan (Labur/kapur). Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah serta hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan arti tali anyaman yang tidak putus menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

2. Rendang
Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih. Rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada Tahun 2011. Tidak hanya itu, makanan ini juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel  & Adventure Show.

3. Opor Ayam
Makanan wajib lainnya saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering disandingkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Opor ayam berbahan dasar daging ayam, santan, dan campuran rempah-rempah lainnya. Tidak hanya pada saat Lebaran, makanan yang memiliki cita rasa khas gurih ini juga dapat kamu jumpai pada hari-hari biasa

4. Sambal Goreng Ati
Makanan ini boleh saja selalu ada dalam menu sehari-hari. Namun entah kenapa menu ini juga menjadi makanan wajib kala Lebaran. Tidak lengkap rasanya ketupat dan opor ayam tanpa sambal goreng ati. Hidangan ini berupa olahan kentang dan ati sapi yang digoreng terlebih dahulu. Kemudian barulah dicampur dengan sambal goreng. Meski sangat sederhana, sambal goreng ati menjadi menu favorit kebanyakan orang.

5. Semur Dagin
Makanan lain yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah semur daging. Namun tahukah kamu bahwa makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari bangsa belanda? Semur berasal dari kata “smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

6. Kacang Goreng
Walaupun bukan termasuk makanan berat, kacang goreng yang sering kamu temui pada penjaja makanan di bis atau di pinggir jalan menjadi camilan yang sering muncul saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah camilan ini, ada dengan cara digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk kamu yang menyukai rasa lebih gurih.

7. Kue Kering
Sama seperti hidangan utama lainnya, hidangan kue kering juga harus ada saat Lebaran. Tak lengkap rasanya bila di hari Lebaran tidak ada kue kering. Sekarang ini kue kering memiliki banyak ragamnya, mulai dari kastengel, nastar, sagu keju, putri salju, lidah kucing, dan masih banyak lagi. Nyatanya kue kering ini tidak hanya disajikan saat Lebaran saja, tapi pada saat hari-hari penting lainnya seperti Natal dan Imlek juga menyediakan kue kering di meja ruang tamu

Memang saat Lebaran, makanan lezat adalah hal yang paling dinanti. Walaupun hari-hari biasa pun makanan tersebut sering kali menjadi hidangan makan, namun dengan adanya hari raya Idulfitri makanan ini pun terasa sangat spesial dan paling dinanti.

Sumber: IDN Times




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF