5 Biji-bijian yang Dapat Dikonsumsi Ini Punya Manfaat Baik Bagi Tubuh

5 Biji-bijian yang Dapat Dikonsumsi Ini Punya Manfaat Baik Bagi Tubuh

Biji chia salah satu jenis biji-bijian yang mempunyai segudang manfaat baik bagi tubuh. Tak heran, para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi biji agar kebutuhan nutrisi kita terpenuhi. 
Tahu gak? Selain biji chia, lima biji-bijian yang dapat dikonsumsi ini juga punya banyak manfaat baik bagi tubuh. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Biji Labu
Tidak hanya buah, biji labu juga dapat dikonsumsi lho! Banyak yang mengolah biji labu sebagai pelengkap kue hingga menjadi tambahan isian sup yang menghangatkan jiwa.  Dikutip melalui laman Health, biji labu kaya akan antioksidan, magnesium, dan mineral, yang semuanya memberikan manfaat baik bagi tubuh di antaranya: mengontrol gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan.
2. Biji Bunga Matahari
Sering dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai camilan pengusir bosan. Biji bunga matahari memiliki manfaat yang di antaranya: menjaga kesehatan tulang, mengurangi gula darah, menurunkan kolestrol, menjaga kesehatan organ hati, hingga mengurangi inflamasi, seperti dikutip dari laman Good Food For Good. Meski kelihatannya kecil, biji matahari kaya akan vitamin, mineral, asam folat, fosfor, selenium, dan kandungan baik lainnya.
3. Biji Flaks
Biji flaks atau flaxseeds adalah bahan utama dalam pembuatan sereal, pasta, roti gandum dan kerupuk. Biji flaks berasal dari tanaman Linum yang sering tumbuh di daerah dingin. Kaya serat serta memiliki kandungan omega-3, lignan, tinggi vitamin, dan folat, membuat biji flaks mempunyai beragam manfaat baik bagi tubuh di antaranya: baik untuk kesehatan otak, mengurangi risiko kanker, mengontrol kolestrol, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti dikutip dari laman Healthline.
4. Biji Wijen
Wijen termasuk biji-bijian yang sering digunakan sebagai pemanis makanan. Wijen juga diolah menjadi minyak yang digunakan untuk perawatan kecantikan. Tidak hanya bermanfaat untuk membuat kulit nampak indah. Dikutip melalui laman Healthline, wijen mempunyai manfaat lainnya seperti menurunkan kolestrol, mendukung kesehatan tulang, mengurangi inflamasi, dan mengontrol gula darah. Biji wijen ini ada dua jenis, yaitu wijen putih dan wijen hitam. Wijen termasuk biji-bijian kaya serat, antioksidan, anti-inflamasi, vitamin, dan kalsium.
5. Biji Delima
Dikutip melalui laman Medical News Today, biji delima memiliki manfaat di antaranya adalah menangkal radikal bebas, baik untuk sistem pencernaan, menjaga kesehatan rambut, dan menutrisi kulit. Biji delima kaya antioksidan, rendah kalori, dan kaya nutrisi. Biji-bijian ini sering dimanfaatkan menjadi campuran pada salad, oatmeal, hingga meminumnya menjadi jus.

Itu tadi lima biji-bijian yang dapat dikonsumsi dan mempunyai manfaat baik bagi tubuh. Ternyata, bukan hanya biji chia saja ya! Yuk, manfaatkan salah satunya di menu makanan kamu sehari-hari supaya sehat.

Sumber: IDN Times




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF