Synchronize Fest Inisiasi Gerakan Bantu Pekerja Lepas Industri Kreatif

Synchronize Fest Inisiasi Gerakan Bantu Pekerja Lepas Industri Kreatif

Pandemi virus corona turut berdampak pada sektor industri kreatif dan seni pertunjukan. Hampir seluruh kegiatan pertunjukan dibatalkan selama masa pandemi Covid-19. Lalu bagaimana dengan nasib para pekerja di balik layar pertunjukan yang notabene mayoritas adalah pekerja lepas?

Hidup mereka sangat bergantung pada keberlangsungan sebuah acara. Sebagai bentuk dukungan antar sesama pekerja industri kreatif dan pertunjukan, Synchronize Fest menginisiasi program #GerakanBersama. Program itu berupa donasi paket sembako yang disalurkan kepada para pekerja lepas di balik layar, di antaranya kru dan teknisi panggung, penata cahaya, sound system, dan lainnya yang terdampak Covid-19.

Synchronize Fest telah terlebih dulu melakukan pendataan terhadap para pekerja lepas bidang industri pertunjukan yang terdampak dengan berkomunikasi dengan vendor produksi. Hasilnya, sejauh ini tim Synchronize Fest telah berhasil mendata sejumlah 184 calon penerima donasi. Jumlah calon penerima donasi ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan proses pendataan yang diterima dari berbagai pihak.

Selain menjalankan program donasi, Gerakan Bersama juga hadir dalam bentuk sesi talkshow. Bincang-bincang itu melibatkan berbagai latar belakang pelaku dan pegiat seni pertunjukan sebagai pembicara, seperti para musisi dan juga pekerja latar belakang produksi industri pertunjukan. Talkshow ini akan disiarkan melalui kanal Youatube demajorsTV mulai 15 Mei hingga 20 Mei 2020.

Sumber: Kompas.com




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF