3 Cara Mudah untuk Melakukan Detoks Keuangan

3 Cara Mudah untuk Melakukan Detoks Keuangan

Pada usia-usia produktif, keuangan menjadi hal penting yang harus Anda berikan perhatian lebih. Sebagian besar dari kita kerap melakukan sistem keuangan yang salah dan membuat kita terjebak dalam kehidupan paycheck-to-paycheck hanya karena tidak dapat menahan diri untuk membeli kopi di kafe atau memesan makanan secara online yang membuat biaya pengeluaran menjadi lebih besar.



1. Buat pengingat di kalender

Untuk memudahkan Anda mengingat jadwal detoks keuangan, buatlah penanda di kalender. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan segala kebutuhan di hari sebelumnya. Dan Anda juga bisa lebih mudah dalam menghitung pengeluaran.


2. Lakukan persiapan

Setelah menentukan kapan akan melaksanakan detoks keuangan, kini saatnya Anda melakukan persiapan. Jika detoks keuangan akan dilakukan pada hari Senin, maka di hari Minggu Anda bisa menyiapkan bekal makan siang dan camilan untuk di kantor.
 

3. Tenangkan diri

Sebagai orang yang konsumtif, biasanya kita cenderung merasa stres jika membatasi diri dalam hal pengeluaran. Anda akan mengkhawatirkan banyak hal, seperti misalnya tidak dapat berkumpul dengan teman-teman atau memberikan treatment untuk diri sendiri.

 

(sumber: kumparan.com)




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF