5 Langkah Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

 

Kadang memang lebih mudah untuk bisa mencintai orang lain daripada mencintai diri sendiri.

Banyak hal yang bisa membuat kita merasa tidak suka dengan kondisi kita saat ini. Misalnya perut yang membuncit, tampak makin tua, karir mentok, tak punya uang, hingga hal-hal lainnya yang membuat hidup terasa gagal.

Padahal, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin hubungan dengan orang lain. Bahkan mungkin jauh lebih penting lagi. Jadi, mulailah belajar mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri di sini bukan berarti menjadi orang yang narsisistik. Mencintai diri sendiri apa adanya berarti dapat menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, namun di sisi lain juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

Mencintai diri sendiri setulus hati membebaskan kita dari beban sosial. Dengan mencintai diri sendiri, kita belajar untuk memahami diri dan terus bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki.

Kita tidak dituntut untuk fokus pada masalah orang lain. Kita juga tidak akan disibukkan untuk membandingkan diri dengan kehidupan orang lain, sehingga akan punya lebih banyak waktu untuk mengurus diri sendiri menjadi lebih baik lagi.

Pada akhirnya ketika sudah merasa nyaman dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar kita pun ikut merasakan hal yang sama. Mereka akan nyaman berada di dekat kita, karena kita memancarkan energi positif dari dalam diri.

Menurut Stephanie Kang, seorang psikolog dari PsychCentral, menjalin hubungan dengan diri sendiri adalah hal yang paling penting di muka bumi ini.

Sederhananya, memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri akan membantu kita menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesan dalam hidup.

Tidak usah muluk-muluk untuk belajar mencintai diri sendiri. Namun memang, untuk memulainya kita harus lebih dulu mengenal siapa kita sebenarnya secara mendalam — seperti apa sikap, karakteristik, kebutuhan, keinginan, hingga apa yang kita suka dan tidak suka.

Sudah siap untuk mulai mencintai diri sendiri? Coba ikuti lima langkah mudah ini.


1. Penuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik




nginx

Menurut Julie Hanks, LCSW, terapis dari PsychCentral, langkah pertama untuk mulai bersahabat dengan diri sendiri adalah dengan memerhatikan kebutuhan fisik, rohani, psikis, dan mental kita.

Misalnya dengan mengetahui bahwa kita harus mendapatkan cukup tidur 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, olahraga, hingga meluangkan waktu untuk meredakan stres dan beribadah, misalnya.

Namun jangan cuma diperhatikan. Semua kebutuhan ini harus dipenuhi dengan cara-cara yang sehat. Misalnya, dengan memastikan menu makanan sehat, mulai berkomitmen untuk olahraga kecil-kecilan, hingga menjadwalkan waktu tidur dan tidak membiasakan begadang.

Hanks juga menyarankan untuk memprioritaskan aktivitas yang membuat kita senang dan bahagia. Tidak perlu yang muluk-muluk. Kesenangan dan kebahagiaan bisa didapat dari hal kecil.

Contohnya, jalan-jalan di taman, makan makanan yang kita suka sesekali, berendam di air hangat sambil menyalakan lilin aromaterapi, atau menonton film kesukaan di kala senggang.

Meskipun terkesan remeh, hal-hal ini dapat membawa kebahagiaan dan kepuasan pada diri kita secara tidak langsung.

2. Ngobrol dengan diri sendiri

Bicara sendiri adalah cara sederhana untuk belajar mencintai diri sendiri. Dengan ngobrol dalam hati atau bicara sendiri di kamar tidur, kamar mandi, atau di depan cermin, kita akan mulai menjalin persahabatan dengan diri sendiri.

Ketika ngobrol sendiri, kita akan menempatkan diri sebagai orang lain yang berbicara dengan diri kita. Isi obrolan ini akan membuat kita lebih bisa menilai diri sendiri secara objektif, sehingga menjadi masukan yang membantu.

Berbicara dengan diri sendiri pada akhirnya bisa membantu kita lebih fokus dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebagai contoh, tidak ada salahnya bertanya-tanya bila ada hal yang membuat kita merasa tidak nyaman. “Mengapa saya merasakan tidak nyaman? Apa yang membuat saya tidak nyaman?”

Nah, berbicara dengan diri sendiri bisa membantu kitaa menemukan jawabannya, sehingga bisa memutuskan akan melakukan apa untuk membuat diri kita merasa nyaman.

Satu lagi manfaat ngobrol dengan cerminan diri adalah untuk menyalurkan emosi yang terpendam. Ketika sedang kesal atau marah, kita boleh teriak-teriak sendiri. Tanpa disadari, lama-lama kita akan tenang sendiri.

3. Menerima diri sendiri

Menjalin hubungan baik dengan diri sendiri bisa dimulai dengan menerima diri sendiri apa adanya, termasuk kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Rasa percaya diri akan muncul ketika kita memiliki pandangan yang baik terhadap kepribadian diri.

Ingatkan bahwa keindahan yang sebenarnya tidak terlihat dari penampilan luar saja. Ketika kita merasa nyaman dengan diri sendiri, kita akan percaya diri dan berpikir bahwa cantik tidak berkaitan dengan paras yang elok atau tubuh seperti supermodel, namun berkaitan dengan hati dan pikiran.

Bila tidak bisa melakukannya sendiri, Stephanie Kang menyarankan untuk coba curhat dan berbagi dengan sahabat, keluarga atau bahkan psikolog yang bisa membantu masalah ketidakpercayaan diri.

4. Bergaul dengan orang-orang yang positif

Salah satu cara menjalin hubungan dengan diri sendiri yang baik dan sehat adalah mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang menyayangi kita.

Berkumpul dengan orang-orang yang positif, penyanyang dan penuh cinta, bisa menjadi sebuah keuntungan. Kita bisa terbawa suasana dan kebiasaan yang positif. Hal ini bisa membuat kita jadi lebih baik.

5. Kurangi mengonsumsi berita negatif

Rasa ingin tahu yang mendalam kadang menjerumuskan kita pada sumber negatif, salah satunya yang populer sekarang ini bisa didapatkan lewat media sosial.

Menurut Kang, mengasup berita-berita kebencian, kejahatan atau kekerasan bisa membuat kita terbebani, merasa takut dan akhirnya membuat diri sendiri tidak sehat pemikirannya.

Maka dari itu, coba batasi membaca berita-berita negatif yang bisa membuat berpikiran negatif terus menerus. Buat jadwal membuka twitter, facebook, instagram sesedikit mungkin, perbanyak berinteraksi dengan orang-orang positif. Lalu, temukan betapa berharganya diri kita di dunia ini.

 

(sumber: kompas.com)

12 Kontestan ke Babak Spektakuler Indonesian Idol

 

Dua belas kontestan Indonesian Idol berhasil lolos ke babak spetakuler Indonesian Idol season 9, Selasa (23/1/2018) dini hari.

Pembawa acara Daniel Mananta memanggil semua kontestan ke panggung di Studio 11, MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sisi kiri panggung sudah ada 12 bangku kosong yang siap diduduki peserta yang bertahan.

Peserta yang lolos ke babak spektakuler ditentukan oleh suara yang masuk dari polling SMS.

Nama pertama yang dipanggil Daniel adalah Joan. Diikuti dengan Ghea dan Marion. Selanjutnya Daniel memanggil Jodie, Maria, Glenn, Mona, Abdul dan Chandra secara berturut-turut. Kursi ke-10 kemudian menjadi milik Whitney.

Dua kursi kosong tersisa. Kini saatnya para juri menentukan pilihannya. Billy, JK, Ayu, Kevin dan Naomi masih menyimpan harap.

Bunga Citra Lestari pun mengumumkan nama pertama. "Kami memutuskan menyelamatkan Kevin," kata Bunga.

Kemudian, Ari mengumumkan nama kedua. "Kami memutuskan menyelamatkan Ayu," ujar Ari.

Perjalanan Billy, JK dan Naomi pun terhenti di babak 15 besar.

Dengan demikian, pada babak spektakuler yang akan digelar pekan depan akan tampil Joan, Ghea, Marion, Jodie, Maria, Glenn, Mona, Abdul, Chandra, Whitney, Kevin dan Ayu.

 

(sumber: kompas.com)

Para Ibu, Ini 10 Cara Cerdas Mengatur Keuangan

 

Khusus untuk para ibu-ibu. Bingung mengatur keuangan? Jangan khawatir, mengatur keuangan memang tidak mudah. Banyak hal yang harus diurusi, mulai dari perawatan anak, aktivitas rumah tangga, dan lainnya.

Berikut 10 tips bagi para ibu untuk mengatur keuangan. Tak hanya untuk dilakukan sendiri tapi juga bisa jadi contoh baik untuk anak belajar mengatur uang, lho.

1. Atur budget

Mengatur budget adalah langkah awal untuk mengatur keuangan dengan baik. Saat membuat daftar budget, alokasikan uang untuk keperluan darurat dan keperluan utama terlebih dahulu. Setelah itu, baru lah lihat jumlah yang tersisa. Sisihkan beberapa persen untuk ditabung.

2. Bertukar pakaian

Anak-anak tumbuh sangat cepat. Ini menjadi alasan agar kita tak selalu membeli kebutuhan mereka secara konstan. Bertukar pakaian bisa menjadi solusi. Bisa dengan anggota keluarga bahkan teman, tukarlah pakaian yang masih bagus dan layak pakai untuk kita atau anak kita .

3. Beli paketan

Sejumlah produk atau bahan makanan seringkali harganya lebih murah jika dibeli secara paketan, bukan satuan. Namun, cermat lah mana produk atau makanan yang bertahan lama. Jika tidak awet, maka produk tersebut bisa rusak atau busuk jika disimpan terlalu lama.

4. Cari barang diskon

Coba lah rajin berkeliling dan mencari barang-barang diskon. Bisa juga melirik cuci gudang yang dilakukan beberapa orang terhadap barang yang sudah tak mereka pakai.

Ini bisa menjadi solusi untuk berhemat, sehingga kita tak perlu membuang uang membeli barang mahal untuk anak jika memang hanya terpakai selama beberapa bulan saja. Asal cermat, membeli barang bekas juga tak masalah, kok!

5. Bikin kopi sendiri

Bagi peminum kopi, coba lah mengurangi pengeluaran dari membeli kopi di kafe dan membuatnya sendiri. Mungkin hal ini agak sulit, tapi bisa menghemat banyak pengeluaran, lho.

6. Siapkan bekal makan siang

Menyiapkan makan siang kadang menjadi hal yang membosankan, tapi membiasakan diri membuat makan siang akan membawa dampak positif. Tidak hanya lebih sehat, tapi juga bisa menekan pengeluaran mingguan dengan tidak makan di luar.

7. Buang hal-hal tak perlu

Buanglah hal-hal yang dianggap tak perlu. Misalnya berlangganan televisi kabel. Apakah hal itu sangat penting? Bagaimana jika menggantinya dengan radio satelit di mobil?

Hal lainnya, misalnya mengurangi waktu manicure-pedicure rutin. Pilih lah hal-hal yang benar-benar diperlukan. Buang saja hal-hal yang tidak diperlukan dari daftar.

8. Atur besaran tabungan

Meskipun jumlahnya kecil, tetaplah menyisihkan uang untuk ditabung. Jika malas mengingatkan diri sendiri untuk menabung pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa mengatur persentase tabungannya dan menggunakan investasi perbankan, seperti tabungan berjangka dan lainnya.

9. Hindari beli barang tak perlu

Kadang merek-merek produk membuat kita tergoda untuk membelinya. Namun, coba lah hindari membeli pernak pernik yang tidak perlu. Saat berbelanja, pilih lah barang-barang yang benar-benar diperlukan.

10. Atur email masuk

Terkadang kita menerima banyak email masuk berupa promosi produk dan hal-hal lainnya yang menggoda kita untuk berbelanja.

Stop berlangganan promosi tersebut, atau setidaknya hapus dari kotak masuk email. Jangan buat diri kita tergoda menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

Nah, sekarang sudah tahu cara mengatur keuangan? Saatnya kita terapkan!

 

(sumber: kompas.com)

Kabar Duka, Sys NS Meninggal Dunia

 

Kabar duka datang dari mantan penyiar radio, Sys NS. Sys diberitakan meninggal dunia.

Istri Sys, Shanty Widhiyanti juga mengabarkan berita duka ini. Shanty meminta doa dari para kerabat dan sahabat.

"Mohon doanya agar almarhum husul khotimah," tulis Shanty.

Sys NS yang juga bermain film 'The Triangle the Dark Side' bareng Deddy Corbuzier itu kini berada di rumah duka di kawasan Kemang Timur.

Sys NS dikenal besar di radio Prambors bareng Pepeng, Krisna Purwana dan Nana Krip. Ia juga aktif di ranah politik.

Selain sebagai aktor, ia juga kerap menulis skenario dan duduk di bangku sutradara. Filmnya berjudul 'Salah Bodi' dulu cukup menyita perhatian karena mengangkat tema percintaan LGBT.

 

(sumber: detik.com)

5 Tips Kontrol Makan untuk Kamu yang Selalu Lapar

 

Merasa sering lapar? Padahal, nafsu makan tak selalu harus diikuti loh.

Berikut ini ada lima tips yang bisa Kamu cermati, jika Kamu kerap merasa lapar, agar tak telanjur membuat timbunan lemak di tubuh.

1. Pilih makanan yang memuaskan rasa lapar

Rasa kenyang bisa juga dideskripsikan sebagai hilangnya nafsu makan atau rasa penuh yang dirasakan setelah makan.

Ini tak hanya bicara soal banyaknya makanan yang kita konsumsi, tapi juga apa yang kita makan.

Setiap makanan punya efek mengenyangkan yang berbeda. Sejumlah peneliti menemukan adanya indeks kekenyangan yang bisa Kamu temukan di beberapa makanan.

Jika Kamu konsumsi makanan tersebut, maka Kamu cenderung merasa cukup dan tak ingin makan lebih.

Setidaknya, ada enam jenis makanan, yaitu telur, kentang, oatmeal, kacang-kacangan, ikan, serta sup yang terdiri dari daging ayam dan sayuran.

2. Makan lebih banyak protein

Penelitian menunjukkan, protein memberi banyak gizi makro, menghancurkan lemak, dan karbohidrat.

Protein juga meningkatkan metabolisme, lebih baik daripada gizi makro lainnya.

Jika Kamu masih lapar setelah makan, bisa jadi karena makanan yang kamu konsumsi terlalu tinggi kandungan karbohidratnya, dan tidak mengandung cukup banyak protein.

Beberapa makanan yang juga mengandung protein tinggi di antaranya keju, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian.

Cobalah untuk selalu menyertakan salah satunya dalam setiap makan.

3. Tidur lebih banyak

Kuantitas dan kualitas tidur memiliki peran penting dalam pengaturan hormon ghlerin atau yang juga dikenal dengan hormon lapar.

Ghlerin diproduksi oleh perut dan meningkatkan nafsu makan. Karena itu, semakin tinggi tingkat ghlerin, semakin tinggi nafsu makanmu.

Sejumlah penelitian menemukan fakta, kurang tidur sangat berkaitan dengan rasa lapar dan penambahan berat badan.

Sebab, jika durasi tidur kurang, tubuh akan semakin banyak memproduksi hormon lapar tersebut.

4. Tingkatkan konsumsi serat

Serat memberikan dorongan dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga mampu menekan rasa lapar di perut serta memperlancar pencernaan.

Mengkonsumsi serat akan menekan rasa lapar tubuh terhadap gula dan memberikan energi.

Untuk menambah serat, konsumsilah makanan seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Hindari konsunsi olahan karbohidrat, seperti roti putih, nasi, pasta dan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan. Sebab, makanan-makanan ini sudah melepaskan kandungan seratnya.

5. Ekstra sayur

Tidak hanya tinggi serat, sayuran juga merupakan makanan rendah kalori.

Dengan kata lain, makanan ini mengandung banyak air yang bisa membuatmu kenyang tanpa menambah jumlah kalori dalam makanan yang Kamu konsumsi.

Mulailah dengan jumlah kecil seperti salad atau sup sayuran. Setelah mengkonsumsinya, percayalah Kamu tak akan kelaparan lagi.

 

(sumber: kompas.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates