Perhatikan, 6 Tanda Metabolisme yang Bermasalah

 

Metabolisme berperan penting dalam kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi.

Mungkin Anda merasa bahwa metabolisme Anda dalam keadaan baik-baik saja. Namun, lambat laun Anda akan merasakan adanya metabolisme yang melambat.

Scott Keatley, pakar nutrisi dari Keatley Medical Nutrition Theraphy mengatakan, metabolisme yang melambat seiring berjalannya usia adalah hal yang wajar.

"Ini yang membuat berat badan bertambah saat pola makan tidak terjaga. Solusinya, Anda harus giat berolahraga untuk menjaga berat badan Anda," paparnya.

Namun, jika Anda mengalami gejala di bawah ini, berarti ada sesuatu yang salah dalam metabolisme Anda.

1. Merasa benar-benar letih

Banyak hal yang membuat Anda merasa lelah, termasuk di antaranya berolahraga terlalu keras dan kurang tidur.

Namun, Lisa Moskovitz, CEO NY Nutriton mengatakan, jika kita sering merasa lelah, itu pertanda bahwa metabolisme berjalan lambat.

"Ini yang membuat asupan makanan tidak diubah menjadi energi dengan cepat," ujar dia.

2. Rambut dan kulit menjadi kering

Keatley mengatakan jika metabolisme tidak bekerja dengan baik, maka tubuh tidak bisa mendegradasi sel dengan cepat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Ini juga bisa menjadi pertanda adanya kerusakan lain dalam tubuh kita, termasuk gizi buruk.

3. Nafsu makan bertambah

Moskovitz mengatakan, mendambakan makanan tertentu adalah cara tubuh untuk meminta energi.

Jika Anda makan dengan baik dan cukup tidur, tapi nafsu makan benar-benar tak terkendali, bisa jadi merabolisme tidak berjalan dengan baik.

"Ini terjadi karena merabolisme tidak mengubah makanan yang telah Anda konsumsi menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh," ucapnya

4. Berat badan bertambah meskipun pola makan terjaga

Seperti yang dikatakan di awal, melambatnya sistem metabolisme seiring bertambahnya usia adalah hal wajar.

Namun, Keatley menyarankan agar kita berkonsultasi pada dokter atau ahli diet jika berat badan terus bertambah, meskipun pola makan kita terjaga.

5. Sering merasa kedinginan

Metabolisme juga membantu menghasilkan panas. Namun jika metabolisme berjalan lambat, suhu tubuh mengalami penurunan.

Akibatnya, kita selalu merasa kedinginan dan hanya ingin berbaring dengan selimut sepanjang waktu.

6. Mood menjadi buruk

Mood yang buruk memang tidak selalu disebabkan oleh metabolisme yang lamban.

Namun, Moskovitz mengatakan, merasa lelah saat metabolisme tidak bekerja maksimal membuat Anda merasa tertekan. Inilah yang berpengaruh pada memburuknya mood.

Selain enam pertanda yang telah dipaparkan di atas, kini ada cara mudah untuk mendeteksi gangguan metabolisme.

Menurut Keatly, cara termudah untuk mendeteksi gejala ini adalah melakukan tes kalorimetri secara tidak langsung.

Caranya, hanya dengan sedikit memodifikasi makanan Anda selama sehari dan beristirahat sambil mengenakan masker.

"Ini adalah cara yang sederhana. Banyak fasilitas penurun berat badan dan ahli diet yang memiliki kemampuan ini," ujarnya.

Cara lain adalah meminta dokter atau ahli endokrin untuk memeriksa panel tiroid dengan melakukan tes darah.

Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan metabolisme Anda, segera berkonsultasi pada dokter. Mungkin ada sesuatu yang bisa mereka lakukan untuk membantu Anda.

 

(sumber: kompas.com)

Baim Wong Maju Jadi Wakil Gubernur?

 

Artis peran Baim Wong memutuskan untuk maju sebagai wakil gubernur sebuah daerah di Indonesia.

Namun, keputusan itu diambil oleh Baim lewat karakternya dalam film seri berjudul The Publicist. Ia memerankan tokoh bernama Robert yang merupakan seorang pengusaha.

"Saya memerankan Robert. Dia pengusaha yang maju sebagai calon wakil gubernur," kata Baim ketika menghadiri peluncuran film seri tersebut di CGV Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2017).

Untuk belajar menjadi karakter yang maju sebagai wakil gubernur, apalagi ia juga seorang pengusaha, Baim mengaku belajar mendalaminya dengan mencari referensi di pemberitaan.

"Saya lihat orang-orang yang beda juga. Jadi saya pilih mana karakter yang cocok untuk saya," ucap dia.

Lantas apakah di dunia sesungguhnya Baim berniat untuk terjun di politik praktis?

"Saya tahu ke depan gimana. Dulu pernah dicalonin jadi bupati di kota kelahiran saya. Tapi, saya masih senang di sini (industri hiburan) dan belum kepikiran. Belum bisa jawab sih gimana," kata Baim.

Dalam film seri The Publicist, Baim akan beradu akting dengan sederet pemain lainnya. Mereka adalah Prisia Nasution, Adipati Dolken, Poppy Sovia, dan Reza Nangin.

 

(sumber: kompas.com)

6 Tips agar Liburan Tetap Seru saat Musim Hujan

 

Musim hujan telah tiba. Namun, musim hujan bukanlah halangan untuk Anda berwisata.

Nah, tentunya perlu persiapan ekstra supaya tetap seru saat berwisata di musim hujan. Berikut KompasTravel himpun beberapa kiat untuk Anda yang ingin tetap berwisata saat musim penghujan.

1. Cek Perkiraan Cuaca

Ada baiknya Anda mengecek perkiraan cuaca paling tidak sehari sebelum Anda berwisata. Selain bisa melakukan persiapan yang tepat, Anda juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat.

Anda bisa mengecek prakiraan cuaca di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) ataupun perkiraan cuaca.

2. Selalu sedia payung dan jas hujan

Seperti kata peribahasa “Sedia payung sebelum hujan”, tidak ada salahnya jika Anda berjaga-jaga sebelum musibah datang. Ada baiknya jika Anda selalu sedia payung di tas Anda sebelum hujan melanda.

Selain bisa dipakai untuk mencegah kehujanan, payung juga bisa dipakai untuk mencegah sinar matahari yang menyengat ke kulit Anda saat panas terik menghadang. Anda juga bisa membawa jas hujan sebagai alternatif pengganti payung.

3. Perhatikan kostum

Pada musim hujan, suhu cenderung akan lebih dingin. Persiapkan pakaian yang dapat membuat hangat seperti jaket tebal ataupun sweater.

Persiapkan juga baju ganti sebagai alternatif jika Anda kehujanan. Ada baiknya jika Anda selalu sediakan sandal karena pemakaian sandal sangat disarankan di musim hujan.

Yang terpenting jangan lupa sediakan kantong plastik di tas Anda untuk menampung semua baju-baju basah Anda.

4. Mencari destinasi indoor sebagai alternatif

Destinasi berlibur ke pulau ataupun ke gunung bisa Anda pertimbangkan kembali jika sudah memasuki musim penghujan. Trek perjalanan yang licin saat mendaki dan suasana dingin saat berenang di pantai tentu mengurangi kenikmatan waktu berlibur Anda.

Tak perlu khawatir karena Anda bisa merencanakan kembali liburan Anda ke spot destinasi wisata indoor seperti pusat perbelanjaan, ataupun museum sebagai destinasi alternatif.

Wisata belanja pun juga tak kalah mengasyikan sebagai alternatif destinasi wisata Anda. Anda bisa mampir ke pasar ataupun pusat perbelanjaan sekitar untuk menghabiskan waktu berlibur.

5. Berwisata kuliner penghangat badan

Berwisata kuliner ke restoranan atau gerai-gerai makanan di daerah setempat juga menjadi altenatif yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Kuliner berkuah yang panas rasanya menjadi santapan yang pas untuk menemani Anda. Tentu, kuah makanan yang panas bisa menghangatkan tubuh Anda pada musim hujan.

Di setiap daerah tentu menyediakan gerai-gerai hidangan berkuah yang siap mengisi perut Anda saat musim hujan datang. Mulai dari bakso kuah, varian soto sampai minuman-minuman penghangat seperti jahe siap menemani santapan Anda dan tentunya menghangatkan tubuh Anda.

6. Selalu menjaga kondisi

Dengan stamina yang maksimal tentu pejalanan Anda tidak akan terhambat. Minum vitamin sebelum sebelum berwisata bisa menjadi pilihan baik untuk menjaga stamina selama perjalanan.

Mengurangi minuman-minuman dingin juga bisa membantu menjaga stamina Anda. Perbanyak mengkonsumsi air putih serta minuman hangat seperti jahe.

 

(sumber: kompas.com)

Agnez Mo Umumkan Akan Tampil dalam MAMA 2017

 

Penyanyi Agnez Mo mengumumkan bahwa ia akan menjadi salah satu penampil dalam ajang penghargaan musik bergengsi se-Asia, Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2017.

Pemilik nama lengkap Agnes Monica ini bakal tampil di MAMA yang digelar di Hoa Binh Theater, Vietnam, pada 25 November 2017 mendatang. Pengumuman itu ia sampaikan lewat media sosial.

"Anybody knows where I'll be performing?" tanya Agnez dalam video singkat dalam akun Instagram-nya, @agnezmo.

"Where will i be performing?? ;) #AGNEZMO #AGNEZMOinVIETNAM Yaaaaas!! @mnet_mama #AGNEZMOonMAMA," tulis pada keterangan video itu.

MAMA tahun ini akan berlangsung di tiga negara. Selain Vietnam, acara ini juga digelar di Jepang pada 29 November 2017 dan Hong Kong pada 30 November-1 Desember 2017.

Penampilan Agnez nantinya bakal menjadi aksi pertamanya di panggung MAMA. Namun pelantun "Coke Bottle" ini pernah menyabet piala Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2012 sebagai Best Asian Artist Indonesia.

 

(sumber: kompas.com)

10 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kesehatan

 

Banyak yang tahu bahwa merokok dan mengonsumsi makanan berlemak dapat merusak kesehatan. Namun, ada beberapa kebiasaan lain yang tanpa disadari juga dapat merusak kesehatan. Tak hanya tubuh tetapi juga kesehatan mental. Ingin tahu apa saja kebiasaan itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Terlalu banyak menonton TV atau main laptop dan handphone

Meski bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, terlalu sering menonton TV atau main laptop menyimpan begitu banyak pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Kelamaan menonton televisi atau menggunakan gadget telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

Selain itu, terlalu lama menonton TV dan main gadget tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. Hal ini terbukti, seperti dilansir dari VeryWell.com bahwa sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di JAMA Psychiatry, mengadakan tes kognitif bahwa orang yang rata-rata menonton TV lebih dari 3 jam per hari selama 25 tahun tampil buruk dalam tes tersebut dibandingkan dengan orang yang tidak banyak menonton TV.

2. Terlambat makan

Jangan pernah berpikir bahwa menunda waktu makan akan menurunkan berat badan. Itu tidak dibenarkan. Menunda waktu makan, malah akan meningkatkan nafsu makan di waktu setelahnya. Bisa jadi porsi Anda akan lebih banyak dari biasanya.

Menunda waktu makan akan melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas. Selain itu, menunda makan akan menyebabkan asam lambung naik. Buruknya, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

Sebaiknya, Anda luangkan waktu Anda sejenak untuk makan, supaya tetap fokus dan semangat beraktivitas.

3. Makan di saat tidak lapar

Sekadar memakan camilan atau melampiaskan diri dari rasa stres dengan makan terlalu sering mungkin akan menimbulkan kelebihan kalori bagi tubuh. Kemudian, berat badan tubuh akan naik di atas normal dan akhirnya obesitas.

Obesitas dapat meningkatkan banyak risiko, tidak hanya diabetes, stroke, tetapi juga banyak penyakit lainnya. Penting untuk menjaga waktu makan dan pola makan, agar berat badan tetap terjaga.


4. Terlalu lama membuka media sosial

Penelitian telah banyak menemukan bahwa banyak orang yang “terisolasi” akibat berkutat dengan media sosial. Isolasi sosial tersebut buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Orang hanya akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengamati media sosial, tanpa melakukan aktivitas yang membuat badan bergerak.

Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu lama mengamati media sosial dapat menimbulkan rasa iri pada teman dan menurunkan mood sehingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.

5. Terlalu lama duduk

Menghabiskan terlalu banyak duduk di kursi mungkin akan memperburuk kesehatan fisik Anda. Mengapa? Duduk dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Sebab duduk tidak akan menyebabkan adanya aktivitas atau gerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Begitu pula dengan kesehatan psikologis.

Mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas yang kuat selama 1 jam atau setidaknya cobalah untuk menggerakkan badan beberapa menit setiap setengah jamnya. Dengan begitu, tubuh dan pikiran tetap akan baik.

6. Begadang

Terjaga pada malam hari kemudian tidur di esok paginya merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik dan bisa merusak kesehatan. Orang yang begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik esok harinya dan juga mengganggu waktu makan.

Jika Anda memiliki kebiasaaan begadang, maka ubahlah kebiasaan itu secara perlahan sampai tubuh terbiasa dan Anda dapat beraktivitas normal.

7. Menahan marah

“Sabar ada batasnya”, pepatah itu ada benarnya. Ketika kita marah, lebih baik untuk melampiaskannya. Jika dipendam, bisa mengakibatkan stres dan jika meluapkannya secara memuncak dapat membahayakan kesehatan.

Dilansir dari WebMD, Profesor Harvard Laura Kubzansky menyatakan bahwa mereka yang membangun emosi mereka dan mengalami ledakan kemarahan yang tiba-tiba jauh lebih rentan terhadap penyakit jantung.

 

8. Menganggap diri sendiri ‘bodoh’

Setiap kali melakukan kesalahan atau kekurangan, biasanya orang akan mengritik dirinya ‘bodoh’. Kebiasaan ini memang tidak langsung berdampak pada kesehatan, namun  menempatkan diri pada posisi yang buruk, dapat merusak kesehatan mental.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menemukan bahwa kritik diri yang keras meningkatkan terjadinya gejala depresi.

9. Mengingat-ingat stres di masa lalu

Sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa merenungkan suatu tekanan, masalah, atau trauma di masa lalu dapat menyebabkan gejala depresi yang meningkat.

Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik menikmati waktu  yang berharga dan membuat rencana masa depan yang lebih baik.

10. Meremehkan bahaya polusi udara

Saat bepergian keluar, apalagi menggunakan motor terkadang kita lupa mengenakan masker. Udara yang kita hirup saat itu, mengandung berbagai macam bahan kimia dan zat yang tidak dikenal, terutama di lingkungan kerja tertentu dan kota-kota besar.

Sikap yang tidak peduli ini bisa menyebabkan masalah serius bagi kesehatan paru-paru dan jantung.

 

(sumber: kompas.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates