5 Tanda Kamu Berisiko Tekanan Darah Tinggi

 

Kapan kamu terakhir memeriksakan tekanan darah kamu? Berapa tekanan darah kamu? Apakah pada kondisi normal, rendah atau justru tinggi? Dilansir dari laman Women's Health, salah satu masalah kesehatan yang mengancam jiwa seseorang adalah tekanan darah tinggi.

Amber Khana, M.D, seorang kardiologis dari UCHealth University of Colorado Hospital, Colorado mengungkapkan bahwa wanita lebih rentan terserang darah tinggi dibandingkan dengan pria.

Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke dan sejenisnya. Mengerikannya, gejala dari serangan penyakit ini tidak ditandai dengan gejala yang mudah dilihat. Meski begitu, kita tetap bisa mengenali tanda-tanda dari darah tinggi. Tanda tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tekanan Darah Lebih dari 130/80
Jika kamu memiliki tekanan darah lebih dari 130/80 ini berarti kamu menderita darah tinggi. Segera periksa kondisi kesehatan kamu ke dokter jika mendapati tekanan darah lebih dari 130/30. Normalnya, seseorang memiliki tekanan darah 110/80.

2. Sulit Fokus
Untuk tanda kedua dari risiko darah tinggi adalah kamu merasa sulit fokus. Selain sulit fokus, kamu juga akan sulit kencing dan sulit mengingat.

3. Pusing atau Sakit Kepala
Tanda selanjutnya adalah pusing atau sakit kepala. Orang yang terkena tekanan darah tinggi akan lebih sering mengalami sakit kepala baik itu sakit kepala ringan maupun sakit kepala kronis. Dalam beberapa kasus, sakit kepala juga sering dibarengi dengan kram di leher dan mimisan.

4. Perut Mual dan Kembung
Tekanan darah tinggi sering dikaitkan dengan risiko batu ginjal maupun diabetes. Untuk itu, tidak heran jika seseorang dengan risiko darah tinggi juga akan merasa mual dan kembung. Beberapa wanita dengan risiko darah tinggi bahkan mengalami kesulitan buang air kecil.

5. Penglihatan Kabur
Menurut para ahli, risiko darah tinggi bisa mempengaruhi pembuluh darah di mata dan menyebabkan mata bengkak. Jika mata sudah bengkak, ini bisa menyebabkan mata bermasalah atau terganggu. Gangguan itu bisa berupa mata kabur atau buram.

Ladies, itulah beberapa tanda dari risiko darah tinggi. Jika kamu mengalami tanda ini, segera periksa diri ke dokter. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan hindari makanan penyebab naiknya tekanan darah. Hindari juga terlalu stres, depresi atau cemas berlebih.

(sumber: vemale)


403 Forbidden


Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates