6 Tips Kesehatan Aneh Tapi Manjur

 

Dengan banyaknya masalah kesehatan yang mencuat di masa kini, kita cenderung memperhatikan tips-tips kesehatan. Lalu bagaimana dengan tips-tips kesehatan yang terdengar aneh?

Meski antimainstream, tapi tips-tips kesehatan aneh berikut ini manjur jika kamu coba terapkan dalam keseharian kamu:

 

1. Minum kopi demi tidur siang lebih baik

Sebuah studi di Jepang yang mengkaji bagaimana mendapatkan tidur siang yang lebih baik, mengungkapkan bahwa mereka yang minum sekitar 200 mg kafein (setara dengan satu hingga dua cangkir kopi) dan langsung tidur siang selama 20 menit lebih mudah bangun dan punya performa yang lebih baik ketimbang yang tidak.

Alasannya? Tidur siang hanya selama 20 menit berakhir saat kafein beraksi dalam tubuh dan menjernihkan pikiran dari molekul yang disebut adenosin sehingga memaksimalkan rasa kewaspadaan.

"Adenosine merupakan hasil sampingan dari terbangun dan aktivitas. Makin tinggi level adenosin, makin lelah kita merasa. Tidur siang menyapu seluruh adenosin dan ketika dikombinasikan dengan kafein yang merupakan penghambatnya, makin mengurangi akibatnya dan meningkatkan efek tidur siang," terang Allen Towfigh, MD, direktur New York Neurology & Sleep Medicine, dikutip dari Health.com.


403 Forbidden

 

2. Jangan sikat gigi langsung setelah makan

Orang tua kita memberikan petuah untuk menyikat gigi setelah makan, itu benar, namun jangan dilakukan langsung setelah makan atau minum, terutama saat apa yang dimakan mengandung asam.

"Minuman dan makanan yang asam, seperti buah-buahan sitrus, minuman olahraga, tomat, soda (baik yang diet dan biasa) dapat melunakkan enamel gigi," kata Howard R Gamble dari Academy of General Dentistry.

Menyikat gigimu dalam kondisi tersebut dapat mempercepat efek asam pada enamel gigimu dan mengerosi lapisan di bawahnya. Gamble menyarankan menunggu sekitar 30 hingga 60 menit sebelum menyikat gigi.

 

3. Mau kurus? Tambah beban.. otot!

Contohnya, jika dua wanita dengan berat sekitar 70 kg dan salah satunya berolahraga angkat beban, ia justru malah lebih bisa menguruskan badan ketimbang yang tidak.

Binaragawan Indonesia, Ade Rai, juga menyarankan untuk berlatih penguatan otot jika ingin menurunkan berat badan. Ia menyebutkan bahwa gula yang kita dapatkan dari makanan kita, jika digunakan untuk otot tidak akan menjadi lemak.

 

4. Mau diet harus makan lebih banyak

Wajarnya, orang berdiet justru memangkas porsi makan mereka daripada menambahnya. Namun makan banyak yang dimaksud di sini adalah memakan makanan yang berkalori rendah, seperti protein dari daging ayam atau buah-buahan.

"Memakan sejumlah kecil karbohidrat nggak berefek apa-apa kecuali menaikkan gula darahmu dan membuatmu makin ingin karbo lagi. Makanlah protein rendah kalori, agar kamu cepat kenyang dan kenyangnya pun lebih lama," kata Amy Goodson, RD, ahli gizi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine.

 

5. Lelah? Jangan minum minuman berenergi

Saat kamu lelah, cenderungnya kamu ingin meningkatkannya dengan cara minum minuman berenergi. Dalam satu botol minuman berenergi mengandung kafein lima kali lebih banyak dari secangkir kopi.

"Tetapi efek itu justru cepat berlalu dan meninggalkan efek samping seperti kegugupan, mudah marah dan meningkatnya denyut jantung," kata Goodson.

Ditambah, minuman berenergi kadang mengandung taurin (stimulan sistem saraf pusat) dengan level tinggi, sejumlah 50 gram gula yang setara dengan 13 sendok makan.

Maka dari itu bisa meningkatkan gula darah, membuatmu lesu dan susah berpikir serta menginginkan lebih banyak minuman berenergi.

 

6. Saat kembung, perbanyak minum

"Saat kamu merasa perutmu kembung, meminum air kedengarannya akan membuatmu malah memperburuk, tapi faktanya justru bisa membantu," kata James Lee, ahli kesehatan pencernaan di St. Joseph Hospital California.

Ia melanjutkan, minum lebih banyak air juga melegakan kembung yang disebabkan oleh dehidrasi. Ketika kamu dehidrasi, tubuhmu bergantung pada air yang terdapat pada tubuhmu yang bisa menyebabkan kembung.

 

(sumber: detik)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates