7 Ladang Sawah Terindah di Indonesia

Riuh pikuknya suasana kota membuat kita merindukan suasana yang asri dan damai untuk beristirahat sejenak sekadar melepas penat. Baru-baru ini tidak hanya pantai dan gunung, daerah persawahan tengah menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang asri, wisata persawahan juga menawarkan fasilitas yang nyaman untuk wisatawan nikmati melepas penat. Berikut ini adalah 7 ladang sawah terindah di Indonesia, bikin mata terperangah.

 

1. Sawah Tegalalang, Ubud Bali

Sawah Tegalalang yang terletak di Ubud Bali, dari kota Denpasar dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menjangkaunya. Ketika kita telah sampai, kita akan disambut hamparan warna hijau yang dikelilingi pohon kelapa menjulang tinggi dan sejuknya udara di sawah Tegalalang akan membuat liburan lebih menyenangkan dan berkesan.

Karena keindahannya, Sawah Tegalalang Hampir tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

 

2. Bukit Pergasingan, Lombok

Bukit Pergasingan Lombok, kini muncul kepermukaan sebagai tempat wisata baru yang menjadi favorit bagi wisatawan, terutama pecinta alam dan pendaki gunung. Terletak di Desa Sembalun, Bukit Pergasingan merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi yang terletak disamping Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan memiliki ketinggian 1670 mdpl hanya selisih 56 meter dari Gunung Andong di Magelang, Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan kotak-kotak sawah Desa Sembalun yang berwarna warni. Selain sawah Desa Sembalun, juga terlihat jelas Gunung Rinjani berdiri kokoh di depan mata.

Ditambah sunrise di Puncak Bukit Pergasingan juga tak kalah indah dengan sabana cukup luas menghampar.

 

3. Jatiluwuh, Bali

Desa Jatiluwih Tabanan Bali Indonesia, terletak di daerah Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut, merupakan daerah yang berdekatan dengan Gunung Batu Karu. Desa Jatiluwih menjadi kawasan terbesar untuk pemandangan sawah terasering di Bali dengan udaranya yang sejuk.

Tidak hanya pemandangan sawah berteras yang indah, Desa Jatiluwih juga menawarkan pemandangan sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Suasana pedesaan benar-benar alami dan damai, dapat dirasakan di objek wisata Jatiluwih Bali.

Pengunjung dapat menikmati alam yang asri Desa Jatiluwih dengan menggunakan sepeda, atau menyewa mobil Volkswagen untuk berkeliling di areal persawahan desa Jatiluwih Penebel Tabanan. Hampir setiap hari desa Jatiluwih Penebel Tabanan ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

 

4. Sawah Laba-laba, Flores

Flores tidak hanya tentang pulau Komodo. Terdapat tempat cantik yang juga wajib untuk dikunjungi saat singgah di pulau Flores yaitu Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-Laba yaitu ladang sawah unik menyerupai sarang laba-laba yang akan membuat siapapun terpesona.

Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-laba ini terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Ruteng, Kelurahan Cancar. Selain bentuknya yang menyerupai sarang laba-laba, pembagian lahan bercocok tanam ini juga menarik untuk dipelajari.

Setiap bagian disebut sebagai Lodok. Sementara itu, di pusat sawah sebuah kayu sebagai poros pembagian lingko. Meski terlihat rumit, namun tidak sedikit yang kagum dengan tradisi turun temurun kebanggaan penduduk Manggarai ini.

Untuk melihat pemandangan cantik di Flores ini, pengunjung harus melakukan pendakian ke bukit di kampung Meler. Beberapa penduduk setempat dengan senang hati akan mengantarkan para tamu untuk menikmati pemandangan terbaik. Tidak butuh lama, hanya mendaki selama 10 menit pengunjung yang datang ke sana akan melihat cantiknya Sawah Laba-Laba dari atas ketinggian.

 

5. Lembah Harau, Sumatera Barat

Terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota ,Lembah Harau adalah suatu lembah yang subur. Awal memasuki wisata Lembah Harau para wisatawan akan menemukan banyak keindahan yang memukau sepanjang jalan. Karena keindahannya, Lembah Harau banyak dikunjungi wisatawan terutama pengunjung domestik dari daerah Riau, Sumatera Utara dan Jambi.

Lembah Harau terkenal karena mempunyai topografi yang sangat menarik dan merupakan bagian dari Cagar Alam Harau. Dari Lembah Harau, para pengunjung pun akan bisa menyaksikan keberadaan lima air terjun indah.

 

6. Puncak Gebang, Jogja

Puncak Gebang adalah salah satu obyek wisata baru di Yogyakarta yang terletak di Jalan Dadap Kulon, Bawuran, Pleret, Bantul. Wisata Puncak Gebang berada di atas pegunungan, menyuguhkan pemandangan alamnya pegunungan khas kota Jogja yang mampu membuat siapa saja akan terpesona saat berkunjung ke sini.

Suasana dingin layaknya wisata-wisata lain pegunungan di Jogja akan membuat sejuk harti dan pikiran. Menghadap ke arah barat, dengan view yang mengesankan membuat Wisata Puncak Gebang sangat cocok untuk para pemburu sunset kota Jogja.

Keindahan Sunset Jogja yang begitu cantik dari atas Puncak Gebang. Daya tarik utama para pengunjung Wisata ini adalah hamparan hijau sawah-sawah dan desa-desa dibawahnya yang disajikan secara nyata. Jika berkunjung saat pagi buta, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan Wisata Puncak Gebang yang tengah diselimuti kabut.

 

7. Kemutul, Semarang

Desa wisata Kemutul Semarang menyajikan wisata yang unik yaitu adanya jembatan yang instagenik berbentuk bintang dari bambu ditengah hamparan sawah yang indah yang sengaja dibuat untuk para pecinta selfie. Tidak hanya untuk berfoto ria, disini pengunjung dapat bersantai di saung atau gazebo yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan hamparan sawah yang indah.




nginx

 

(sumber: IDNTimes.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates