7 Wisata Yang Masih Bisa Dikunjungi di Puncak

 

Jalur menuju Puncak baik dari Bogor maupun Cianjur memang ditutup 10 hari kedepan. Namun, bukan berarti semua wisatanya tidak bisa dikunjungi, penutupan jalur hanya yang terdekat dengan lokasi bencana longsor.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan penutupan dilakukan mulai dari kawasan Gunung Mas Puncak sampai dengan Ciloto, Cianjur. Di titik itu memang menjadi lokasi longsor terparah.

"Jadi mulai hari ini sampai dengan waktu 10 hari ke depan, jalan mulai dari Gunung Mas Puncak sampai dengan Ciloto itu tidak bisa dilalui," ucap Budi, saat meninjau lokasi longsor di Riung Gunung, Puncak, Bogor, Selasa (6/2/2018).

Wisatawan tetap bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata untuk berlibur antara lain.




1. Taman Safari Indonesia

Anda masih bisa melihat ragam hewan unik dan lucu di taman satwa ini. Jalur menuju Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor berjalan normal, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat lewat jalur Ciawi (normal).

"Betul (jalur normal). Namun jalur yg ditutup adalah daerah riung gunung. Setelah pertigaan taman safari," ujar Yulius, Humas TSI saat dihubungi KompasTravel, Rabu (7/2/2018).

Pihak TSI Bogor juga menempatlkan personil di perempatan Ciawi, untuk membantu kelancaran bagi pengunjung yang menuju TSI.

2. Kuntum Farm

Salah satu wahana edukasi berkebun dan bertani ini juga masih beroperasi normal. Letaknya cukup jauh dari titik-titik longsor. Tepatnya berada di Jalan Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Kabupaten Bogor.

Anda tentunya masih bisa lewat jalur normal, yaitu Jalan Pajajaran, dan ambil arah Puncak, melewati Tajur.

3. Taman Wisata Matahari

Taman wisata dengan berbagai wahananya ini juga masih aman untuk dikunjungi. Meski di sekitar kawasan Puncak, tetapi Anda masih bisa menggunakan jalur Ciawi dengan roda empat.

Taman Wisata Matahari berlokasi di Jalan Raya Puncak KM. 77, Cilember, Cisarua, Kabupaten Bogor. Dari kawasan taman wisata ini juga Anda bisa menyusuri beberapa wisata, seperti Cimory Riverside.

4. Curug 7 Cilember

Salah satu curug yang paling ramai dikunjungi di daerah puncak. Kesegarannya masih bisa Anda nikmati meskipun jalur Puncak ditutup pasca longsor.

Menelusuri ke tujuh curugnya tentu menjadi petualangan seru tersendiri. Terutama saat musim hujan yang hampir setiap hari mengguyur Kota Bogor.

Terletak di Jalan Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Bogor. Dari curug ini Anda juga bisa mengunjungi air terjun besar lainnya, seperti Curug Naga, dan Curug Panjang.

5. Istana Cipanas

Bagi Anda yang berasal dari Cianjur atau Bandung, masih bisa berkunjung ke tempat penuh sejarah ini. Karena Istana Cipanas berada sebelum penutupan jalan di Ciloto, Cianjur.

Lokasi tepat Istana Cipanas berada di Jalan Raya Cipanas No. 105, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Bagi Anda yang berasal dari Jakarta dan Bogor, masih bisa berkunjung ke sini dengan melewati jalur alternatif. Yaitu lewat jalur Jonggol-Cipanas. Anda akan melewati Jalan Raya Jonggol, Taman Bunga Nusantara, dan keluar di Sukaresmi, Cipanas.

6. Taman Bunga Nusantara

Indahnya beragam bunga warna-warni dari berbagai negara di dunia juga masih bisa Anda nikmati, tentunya di Taman Bunga Nusantara. Lokasi wisata ini berjarak cukup jauh dari lokasi longsor, dan penutupan jalan di Ciloto.

Taman Bunga Nusantara (TBN) berlokasi di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Dari Cianjur bisa melewati Jalan Raya Cipanas, lalu dibelikan arah Kota Bunga saat sudah memasuki Ciloto.

Bagi Anda yang berasal dari Jakarta dan Bogor, bisa berkunjung ke sini dengan melewati jalur alternatif. Yaitu lewat jalur Jonggol-Cipanas. Anda akan melewati Jalan Raya Jonggol, lalu Taman Bunga Nusantara.

7. Kebun Raya Cibodas

Berkunjung ke Kebunn Raya Cibodas bersama keluarga jadi opsi menarik saat akhir pekan. Jangan khawatir dengan penutupan arus kendaraan ke sini. Bagi Anda yang dari Cianjur dan Bandung masih bisa mengguakan jalan normal, yaitu Jalan Raya Cipanas.

Sementara, bagi Anda yang berasal dari Jakarta dan Bogor, bisa berkunjung ke sini dengan melewati jalur alternatif yaitu lewat jalur Jonggol-Cipanas. Anda akan melewati Jalan Raya Jonggol, Taman Bunga Nusantara, dan keluar di Sukaresmi, Cipanas.

Keluar dari Cipanas, arahkan kendaraan Anda ke kiri, menuju kota Cianjur. Jangan terlewat plang bertuliskan Kebun Raya Cibodas di sisi jalan. Obyek wisata KRC tepatnya berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur.

 

(sumber: kompas.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates