7 Aktivitas Liburan yang Bisa Anda Coba di Monas

 

Rasanya belum afdol berkunjung ke Jakarta jika belum ke Monumen Nasional. Monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka, kini memag identik dengan lambang DKI Jakarta.

Tidak hanya berpose dengan latar Monas, sebenarnya ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di komplek Monas. Seperti ragam aktivitas di Monas yang KompasTravel himpun berikut ini.


1. Berkunjung ke Museum Monas

Di bagian bawah cawan Monas, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di sana pengunjung dapat melihat 48 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dalam berbagai masa.

2. Berkunjung ke Ruang Kemerdekaan

Pada cawan Monas terdapat Ruang Kemerdekaan. Dahulu di sini pengunjung dapat melihat Sang Saka Merah Putih, bendera asli yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Namun karena sudah terlalu tua, bendera tersebut kini tidak dipamerkan. Di ruangan ini, pengunjung dapat mendengarkan suara Presiden RI pertama, Sukarno membacakan teks proklamasi.

3. Naik ke pelataran puncak

Jangan lewatkan kesempatan untuk naik ke puncak Monumen Nasional. Dari ketinggian 115 meter, akan tampak panorama Kota Jakarta. Jika ingin suasana yang berbeda, naiklah ke puncak Monas pada malam hari. Untuk naik ke puncak Monas dikenakan biaya tambahan, sekitar Rp 10.000.

4. Melihat air mancur menari

Salah satu pertunjukan yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Monas. Air mancur menari diiringi lagu khas Indonesia hanya ada pada Sabtu dan Minggu malam. Dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 19.30 dan 20.30. Gratis alias tidak dipungut biaya untuk melihat pertunjukan air mancur menari.

5. Melihat rusa

Monas memiliki taman rusa yang berisi puluhan rusa tutul. Letaknya berada di Taman Meda Merdeka, masih dalam kawasan Monas. Pengunjung dapat melihat rusa yang menggemaskan dan biasanya ada penjual makanan rusa agar pengunjung dapat memeberi makan rusa.

6. Berolahraga

Selain lari atau jogging, pengunjung Monas juga dapat berolahraga di enam lapangan yang tersedia. Lapangan olahraga tersebut terdiri dari empat lapangan futsal, satu lapangan voli, dan satu lapangan basket. Untuk menggunakan lapangan tersebut, pengunjung dapat mengajukan permohonan dengan mengisi formulir ke Pengelola Kawasan Monas.

7. Menikmati seni rupa

Di penjuru komplek Monas tersebar patung-patung yang sarat sejarah. Contohnya patung Pangeran Diponegoro, MH. Thamrin, Chairil Anwar, RA. Kartini, dan patung Ikada.

 

(sumber: kompas.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates