Ngebatik di Jakarta, Kunjungi 3 Tempat Ini!

 

Belajar membatik merupakan salah satu cara untuk mengekpresikan kecintaan kita terhadap Indonesia. Batik sudah menjadi identitas Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 2009.

Namun di era milenial seperti ini, aktivitas membatik pun meredup terutama di ibu kota. KompasTravel memberikan beberapa rekomendasi destinasi untuk Anda yang ingin belajar membatik tanpa perlu bepergian jauh.

1. Kampoeng Batik Palbatu

Kegiatan membatik mungkin sudah semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Namun salah satu rumah kreatif yang berlokasi di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, menjadikan wadah yang menyediakan kegiatan membatik.

Selain membuka gerai batik, Kampoeng Batik Palbatu juga berfungsi sebagai tempat wisata edukasi dan sanggar untuk belajar membatik. Kegiatan edukasi kreatif membatik ini menjadi kegiatan unggulan yang disediakan oleh Kampoeng Batik Palbatu.

Dari situs resmi Kampoeng Btik Palbatu, kegiatan membatik ini diharapkan dapat mengedukasi dan merubah pola pikir masyarakat untuk lebih sadar terhadap budaya. Serta dapat melihat peluang usaha kegiatan membatik untuk membantu memperbaiki atau meningkatkan perekonomian.

Untuk varian program edukasi dibagi menjadi tiga varian yaitu belajar mencanting, belajar mewarnai, dan belajar membatik yang dipatok dengan harga mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per orang.

 


2. Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil Jakarta yang belokasi di Tanah Abang merupakan lembaga pendidikan kebudayaan yang berfungsi untuk melestarikan tekstil tradisional seperti batik. Museum ini diketahui sebagai rumah koleksi kain nasional.

Selain menjadi rumah koleksi, museum ini juga menyediakan workshop membatik. Melalui workshop ini Anda akan diajarkan mengenai pola menggambar batik menggunakan canting. Jenis kursus pun dibagi menjadi dua, yaitu kursus kilat dan lanjutan.

Dari situs Antaranews, pegunjung bisa merogoh biaya mulai dari Rp 40.000 per orang untuk belajar membatik. Pengunjung pun bisa belajar membatik tulis hingga menghasilkan produk sendiri.

Harga tiket masuk ke Museum Tekstil Jakarta adalah Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp 2.000 untuk pelajar/anak-anak. Untuk khursus membatik, biasanya pihak museum membuka jam berlajar setiap hari Selasa dan Minggu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

 


3. Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java

Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java bukanlah sekedar studio seni biasa. Berlokasi di Cilandak Barat, tempat ini akan menyuguhkan Anda berbagai varian kursus dan kelas untuk belajar tentang kebudayaan Jawa, tidak terkecuali belajar membatik.

Beberapa kelas disediakan mulai dari kelas pemula hingga lanjutan. Jika Anda ingin  mengikuti kelas kilat, pihak Sanggar Seni Budaya jawa Jawi Javajuga menyediakan program one day course untuk membatik.

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates