8 Buah yang Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol

 

Jika tidak dikendalikan, kolesterol tinggi bisa memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung. Selain dengan berolahraga dan minum obat kolesterol, Anda harus perhatikan apa saja yang Anda makan.

Mulailah mengurangi makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, dan perbanyak makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Ya. Ada banyak buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah lama kelamaan menyebabkan lemak menumpuk dan mengeras di dinding pembuluh darah. Pada akhirnya, plak lemak ini akan mempersempit pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Penyempitan pembuluh darah inilah yang meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan/atau stroke.

Buah-buahan mengandung serat yang larut air. Serat larut air dapat mengikat asam empedu, sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Salah satu jenis serat larut yang terbukti dapat menurunkan kolesterol hingga 10% adalah pektin.

Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, yang membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Nah, apa saja buah penurun kolesterol yang wajib dikonsumsi rutin?

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin — serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama — bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi — dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun.

4. Berries (strawberry, blueberry, cranberry)

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Pada penelitian Basu et al dengan subjek 16 wanita, asupan rutin dari buah berry menurunkan kolestrol LDL dalam 4 minggu.

Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh.

5. Anggur

Sama dengan buah yang lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus.

Penelitian menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur menjadi camilan yang sangat baik untuk orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner.

Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

6. Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E.

Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 minggu menunjukan bahwa asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.

8. Jeruk

Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker kanker payudara dan kanker usus. Manfaat jeruk sebagai antikanker ini dilaporkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2007 silam.

Jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Yuk, mulai biasakan rajin makan buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

(sumber: kompas.com)

Cinta Laura Akan Ramaikan Film Hollywood 2018

 

Artis peran Cinta Laura (24) mengatakan bahwa tiga film Hollywood yang ia bintangi dijadwalkan akan diputar di gedung-gedung bioskop pada 2018.

"Kalau semuanya lancar, tiga film Hollywood aku bakal keluar di tahun 2018," kata Cinta ketika ditemui di Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat lalu (9/12/2017).

Salah satu dari film-film itu, The Ninth Passenger, akan masuk gedung-gedung bioskop pada Mei 2018. Dalam film thriller tersebut Cinta berperan sebagai Nicole dan main bareng aktor Jesse Metcalfe.

"Tiga film itu adalah The Ninth Passenger sama Jesse Metcalfe aku baru saja ngomong sama produsernya minggu lalu, kalau semuanya lancar itu bakal keluar Mei 2018," ujarnya.

Film lainnya adalah Crazy for the Boys. Film drama musikal itu akan mempertemukan Cinta dengan bintang seri televisi Teen Wolf, Michael Johnston.

"Ada juga film Crazy for the Boys, yang bareng Michael Johnston. Dia yang main Teen Wolf. Itu bakal keluar tahun depan, belum tahu bulan apa," paparnya.

Untuk satu film lagi, Cinta Laura masih merahasiakan judulnya. Dalam film tersebut Cinta menjadi  seorang pembunuh.

"Film ketiga ini aku belum bisa bilang title-nya. Tapi, personaly, film yang paling aku, apa ya, fans aku bisa lihat, pokoknya berbeda banget dengan peran sebelumnya," ujar Cinta.

"Karena karakterku berbeda banget sama yang biasa aku mainkan, di situ aku jadi pembunuh," imbuhnya.

Cinta Laura memulai karier luar negerinya pada 2013 dengan main dalam film Hollywood After The Dark".

 

(sumber: kompas.com)

5 Kuliner Lezat Bandung Saat Musim Hujan

 

Berkunjung ke Bandung, saat musim hujan, sangat tepat untuk berburu kuliner. Kota yang terkenal "surga" kulinernya ini, punya ragam kuliner khas yang cocok saat udara dingin.

Tak heran, Jokowi pun saat kunjungan kerjanya ke Bandung, menyempatkan untuk kulineran. Ia mencoba kupat tahu petis, dan kerupuk guyur.

Selain itu masih banyak lagi kuliner berkuah, juga pedas yang cocok untuk musim hujan di Bandung. Berikut KompasTravel rangkum beberapa kulinernya:

1. Seblak

Kini siapa tak kenal kuliner pedas berkuah ini? Sejak awal kemunculannya di bumi Parahyangan, kuliner ini kerap dijadikan bahan tantangan bagi penyuka pedas.

Kuliner dengan bahan pokok kerupuk ini juga kian menyebar ke pelosok Jawa, hingga luar Jawa. Karena sensasi pedas, gurih dan hangatnya, kuliner ini jadi salah satu opsi terbaik dinikmati saat musim hujan.

Saat ini seblak bandung tak hanya berisikan kerupuk, mi, bakso, sosis saja. Namun, Anda bisa mencobanya yang berisikan ceker, tempura, kwetiauw, jamur, brokoli, wortel, hingga keju.

Cita rasa gurih pedasnya bisa Anda temukan di Seblak Deu Tjenghar di Jalan Purnawarman, Seblak Mg. Ogo di Gading Tutuka, Soreang, Seblak Dago, di Jalan Dago, dan banyak lainnya.

2. Mi Kocok

Semangkuk mi kuning, tauge, potongan kikil, dan sum-sum, diguyur dengan kuah kaldu sapi yang panas, bisa membuat siapa pun yang melihatnya mendadak lapar.

Kelezatan kuliner khas Bandung ini memang sudah tersohor. Kental kuah kaldunya berasal dari rebusan tulang dan daging sampi ber jam-jam. Tak heran rasanya "nendang".

Tak lupa potongan kikil yang kenyal, juga daging sapi yang empuk akan mengobati lapar Anda. Harga satu porsinya sekitar Rp 23.000.

Mi kocok bandung cukup banyak tersebar dan mudah dijumpai. Penjual yang sudah melegenda, di antaranya ialah Mie Kocok Persib di Jalan Ahmad Yani, Mih Kocok Mang Daeng di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) no 67, dan yang lainnya.

3. Bakso Cuanki

Jika Malang punya bakso khasnya, inilah bakso khas Bandung. Campuran bakso, pangsit, siomay, bakwan, dan tahu dalam satu mangkok, diguyur kuah berbumbu yang panas, siap menggoyang lidah Anda.

Bakso cuanki ini disajikan tanpa menggunakan mi. Ragam isian bakso tadi, hanya diguyur kuah dan ditambah seledri, juga bawang merah goreng. Anda bisa menambah sambal agar rasanya semakin mantap.

Satu porsinya berkisar Rp 15.000. Salah satu penjual cuanki yang sudah tersohor ialah di Jalan Serayu no 2, Cihapit, Bandung.

4. Rujak Cireng

Cireng yang terbuat dari sagu, disantap bersama sambal rujak yang pedas. Menjadi camilan nikmat di kala musim hujan.

Bumbu rujak dari cireng ini biasanya lebih cair dan merah dari rujak buah. Juga lebih sedikit menggunakan kacang, lebih seperti sambal uleg dengan jabai rawit merah juga cuka.

5. Batagor Kuah

Tak kalah dengan versi gorengnya, bagi Anda yang sedang tidak bisa melahap hidangan berminyak, inilah solusinya.

Batagor kuah sangat nikmat disantap saat kuahnya masih panas. Terlebih di tengah derasnya hujan.

Wujud batagornya tentu tak berbeda dengan versi goreng, olahan daging dan tepung dibalut renyahnya pangsit. Namun, kuahnya lah yang diberi sedikit bumbu seperti bawang putih sehingga menambah lezat.

Tempat menyantap batagor kuah ini biasanya juga menyediakan batagor goreng. Antara lain di Batagor Yunus, di Jalan Kopo 68, lalu Batagor Darto di Simpang Dago, dan masih banyak lainnya.

 

(sumber: kompas.com)

Konten Musik Dalam Negeri Kuasai YouTube 2017

 

Hari ini YouTube merilis daftar YouTube Rewind, kumpulan dari musik, kultur, tren, dan konten yang paling menarik perhatian masyarakat Indonesia dan global sepanjang tahun 2017.

YouTube Rewind menampilkan daftar video-video terpopuler yang dipilih berdasarkan durasi tonton (watch time), comment, likes, dan jumlah share terbanyak dari Indonesia.

Dari tema musik, parodi, hingga vlog, video-video ini mewakili kreativitas luar biasa yang dibagikan melalui YouTube setiap hari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, YouTube Rewind dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu 10 Video Terpopuler (di luar video musik dari label besar), dan 10 Video Musik Terpopuler.

Tahun ini, video-video terpopuler di Indonesia diwarnai dengan konten musik, parodi dan tarian hasil karya para kreator lokal, sementara tiga video musik terpopuler datang dari YouTuber ternama seperti Kemal Pahlevi, Gen Halilintar, Young Lex.

Satu hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, konten musik berbahasa Jawa sangat diminati audiens YouTube di Indonesia pada tahun ini, seperti video parodi " Baby Shark" dan "Despacito" dalam bahasa Jawa.

Ada 10 video terpopuler di Indonesia telah ditonton sebanyak 129 juta kali, meningkat 3 kali lipat dari 10 video terpopuler tahun lalu dengan total 43 juta kali.

Dalam kategori musik, daftar tahun ini menunjukkan bahwa musik Indonesia masih terus digandrungi di kanal YouTube, seperti Armada "Asal Kau Bahagia", "Akad" dari Payung Teduh serta dua musisi asal Jawa Timur yakni Via Vallen dengan lagu populernya yang berjudul "Sayang" dan Nella Kharisma lewat lagunya yang berjudul "Jaran Goyang".

Sementara di daftar global, Luis Fonsi dengan lagu "Despacito" meraih peringkat utama setelah ditonton lebih dari 4,4 miliar kali, dan video musik Taylor Swift "Look What You Made Me Do" memecahkan rekor audiens terbanyak hanya 24 jam setelah dirilis.

"YouTube terus berkembang pesat, baik dari jumlah kreator maupun audiens dari seluruh Indonesia. Kami senang melihat kreator dari luar Jakarta dan konten berbahasa daerah menempati daftar YouTube Rewind Indonesia tahun ini, dan kami tak sabar melihat lebih banyak lagi talenta dan karya asli Indonesia meraih sukses lewat YouTube," ujar Products Communications Head Google Indonesia Putri Silalahi.

Simak daftar video terpopuler YouTube Rewind 2017 di bawah ini. Untuk melihat daftar lengkap dan menonton video-video yang masuk ke daftar YouTube Rewind 2017, kunjungi www.youtube.com/rewind.

 

(sumber; kompas.com)

5 Hal yang Wajib Dicoba Untuk Wisata di Ibukota

 

Berwisata ke Jakarta bukan ide yang buruk. Ada banyak hal yang dapat dieksplorasi dari ibu kota Indonesia ini. Pilihan transportasi dan akomodasi di Jakarta yang beragam semakin mendukung Anda untuk berwisata di Jakarta.

Apabila baru pertama kali ke Jakarta, ada banyak hal seru yang sayang untuk dilewatkan. Berikut lima di antaranya :

1. Mencoba aneka transportasi kota

Menjajal Transjakarta dan bajaj menjadi agenda seru di Jakarta. Dua transportasi ini menjadi ciri khas ibu kota. Transjakarta memiliki trayek panjang dan ongkos murah yakni Rp 3.500 sekali perjalanan. Sedangkan bajaj merupakan transportasi lawas di Jakarta yang masih bertahan hingga kini. Bajaj di Jakarta memiliki rute operasional yang terbatas, ongkos disesuaikan dengan hasil tawar-menawar dengan pengendara bajaj sebelum masuk.

2. Berwisata ke Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas menjadi lambang dari Jakarta. Rasanya kurang lengkap jika belum berpose dengan latar belakang Monas. Selain berpose di area Monas, kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah naik ke atas Monas di malam hari, memandang cahaya lampu Jakarta, dan melihat pertunjukan air mancur menari di halaman Monas setiap akhir pekan.

3. Mencicipi kuliner langka di Jakarta

Sebagai ibu kota negara tak sulit untuk menemukan berbagai kuliner daerah Indonesia di Jakarta. Justru yang sulit adalah menemukan hidangan asli Jakarta.

Untuk mencicipi kuliner asli Jakarta seperti nasi ulam, nasi uduk, gabus pucung, gurame pecak, sayur besan, dan sayur babanci, wisatawan dapat berkunjung ke sentra kuliner Betawi. Contohnya akwasan Condet, Pasar Minggu, Meruya, Rawa Belong, dan Setu Babakan.

4. Menjajal mal dan pusat belanja

Mari berkunjung ke hiburan ala masyarakat Jakarta pada umumnya yakni mal. Di Jakarta menjamur mal-mal yang sangat luas dengan aneka fasilitas mumpuni. Masing-masing mal memiliki ciri khas tersendiri, misal mal yang memiliki taman terbuka, mal yang memiliki pertunjukan air mancur menari, mal yang memiliki bianglala terbesar, dan masih banyak lainnya. Untuk komoditas, hampir setiap mal seragam.

Selain mal, Jakarta juga memiliki pusat belanja murah seperti Tanah Abang yang terkenal dengan sentra pakaian, Asemka sebagai sentra aksesoris, Pasar Jatinegara atau Mester sebagai sentra grosir, dan Pasar Baru sebagai sentra sepatu.

5. Melancong ke ikon wisata Jakarta

Selain Monas, Jakarta memiliki ikon wisata lain yakni kawasan Kota Tua dan Taman Impian Jaya Ancol. Keduanya terletak di Jakarta Utara. Kota Tua menjadi alternatif wisata murah dan edukatif bagi anak-anak. Sedangkan di Ancol, wisatawan dapat berkunjung ke berbagai wahana seperti Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld, dan masih banyak lainnya.

 

(sumber: kompas.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates