Punya Masalah Jerawat? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Masalah jerawat adalah hal yang umum terjadi.  Polusi, kotoran, dan jenis perawatan kimia yang sering digunakan bisa menjadi pemicunya.

Selain itu, kita juga seringkali kurang memperhatikan rutinitas perawatan kulit dan pola makan yang sehat. Maka tak heran jika masalah jerawat bisa muncul kapan saja.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat wajah saat berjerawat agar tidak semakin parah.

Berurusan dengan jerawat memang harus serba hati-hati. Jadi, kita harus mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan jerawat semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memperparah jerawat di wajah.

 

1. Memencet bintil di wajah

Sangat sulit untuk menghindari munculnya bintil jerawat di wajah. Nah, memencetnya adalah praktik yang tidak sehat karena membahayakan kulit.

Memencet bintil dapat meninggalkan bekas luka pada kulit, dan jerawat akan lebih lama menghilang.

Jadi, hindarilah untuk memencet nodul pada wajah agar jerawat tidak semakin parah.

 

2. Terlalu sering mencuci wajah

Menjaga kebersihan wajah memang penting. Namun, menjaga kebersihan wajah dengan terlalu sering mencuci muka justru menjadi sebuah kesalahan.

Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama bila kita memiliki masalah jerawat.

 

3. Tidur di kasur yang kotor

Kulit sangat rentan terhadap kotoran dan debu. Itulah mengapa kita harus berhati-hati saat tidur.

Kotoran bisa menyebabkan jerawat tumbuh lebih banyak. Jadi, pastikan seprai dan bantal dicuci sesering mungkin agar bebas dari kotoran.

 

4. Pakai produk perawatan wajah sembarangan

Ada banyak perawatan dan pilihan yang tersedia di pasaran yang menjanjikan untuk menghilangkan masalah jerawat. Namun, sebaiknya kita jangan langsung tergoda.

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Jadi, pastikan kita tahu tentang kulit kita sendiri sebelum menggunakan produk apa pun.

 

5. Lupa membersihkan riasan

Setiap produk riasan yang kita gunakan memiliki bahan kimia di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan riasan sebelum tidur.

Dengan cara ini, kulit kita bisa bernafas dengan mudah dan bebas dari bahan kimia.

 

(sumber: kompas.com)


nginx


403 Forbidden

Jennifer Lawrence Akan Cuti Setahun dari Hollywood

Aktris pemenang piala Oscar dengan bayaran tertinggi di dunia, Jennifer Lawrence (27), mengumumkan bahwa ia akan berhenti dari Hollywood selama satu tahun untuk menjadi seorang aktivis.

Bintang film-film The Hunger Games ini akan mengambil cuti dari dunia peran selama 12 bulan untuk bekerja dengan sebuah organisasi yang mencoba mendorong agar makin banyak "anak muda terlibat dalam kegiatan politik".

Jennifer Lawrence sudah bergabung dalam organisasi itu, Represent.US, bersama rekannya, sutradara David O Russell.

Organisasi nirlaba itu berkampanye untuk menghentikan politik uang, suap dalam politik, dan untuk mendorong undang-undang anti-korupsi segera dirilis.

 

Kepada program televisi ET, Lawrence bercerita tentang film terbarunya, Red Sparrow, yang sekaligus merupakan film terakhirnya sebelum ia mengambil cuti panjang.

"Saya akan mengambil cuti itu tahun depan," tutur Lawrence kepada ET.

"Saya akan bekerja sama dengan organisasi ini sebagai bagian dari Represent.Us, berusaha membuat anak-anak muda terlibat secara politik di tingkat lokal. Tidak ada hubungannya dengan (politik) partisan," sambungnya.

"Ini hanya organisasi anti-korupsi dan kami mengusahakan disahkannya undang-undang yang dapat membantu mencegah korupsi, memperbaiki demokrasi kita," tuturnya pula.

 

Film Red Sparrow juga dibintangi oleh Joel Edgerton, Charlotte Rampling, Jeremy Irons, dan Joely Richardson.

Jennifer Lawrence sudah dikenal lantang bersuara secara politik.

Ia merupakan salah satu aktris besar pertama yang membahas kesenjangan upah secara gender Hollywood, di tahun 2015.

Ia juga bergabung dengan sejumlah selebritas lain, antara lain Eva Longoria, Natalie Portman, Cameron Diaz, dan Adele, pada Februari 2018, dalam acara 2018 Women's March di Los Angeles, California, AS, yang menyerukan hak-hak dan kesetaraan perempuan.

 

(Sumber: kompas.com)

Raisa hingga Dipha Barus Jadi Produser Musik

Penyanyi Raisa Andriana mulai melebarkan sayapnya menjadi seorang produser musik.

Direktur Juni Records, Adryanto Pranoto menuturkan bahwa perusahaan label rekamannya kini memiiki tiga produser musik, yakni Dipha Barus, Marco Steffiano (pemain drum Barasuara) dan juga Raisa.

"Juni Records punya tiga produser ada, Marco Dipha Barus, dan tahun ini Raisa mendeklarasikan sebagai produser juga," kata Adryanto saat jumpa pers Juni Records'day di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018).

Bersama Marco dan Dipha, Raisa mengatakan bahwa dia belajar menjadi seorang produser musik untuk artis lain.

"Buat Dipha, Marco udah pernah produce. Aku belum pernah produce, tiap nulis lagu buat aku sendiri. Aku mau mencoba belajar jadi produser bareng Marco, Dipha," ucap Raisa.

Tak banyak yang tahu bahwa selama ini istri aktor Hamish Daud itu memproduksi karyanya sendiri.

 

 

"Mungkin kalau orang ngelihat aku, 'Oh Raisa penyanyi', cuma mereka enggak tahu lagunya aku nulis sendiri, aku juga executive producer di album-album aku sebelumnya," tutur pelantun "Teduhnya Wanita" itu.

"Kalau orang yang dekat sama aku sih enggak terlalu kaget. Mungkin kalau misalnya buat Youraisa atau teman teman yang enggak begitu ngikutin aku bisa jadi berita yang 'Oh Raisa sekarang produser ya'," tambahnya.

Perbedaan referensi musik di antara ketiga produser itu juga menjanjikan variasi hasil karya musik yang menarik.

Mereka juga tidak menutup kemungkinan akan muncul kerjasama dalam bentuk lain di antara ketiga musisi ini.

"Ada rencana ke depannya kami bertiga mau bikin showcase atau konser gitu. Enggak cuma kita bertiga aja, konsep dasarnya sih pengin ada musisi-musisi lain juga, yang dibungkus satu konsep seru gitu," tambah Dipha Barus.

 

(sumber: kompas.com)

4 Destinasi Mirip Wakanda, di Film Black Panther

"Ayah saya pernah bilang, hal terindah yang pernah ia lihat adalah Wakanda," kata Erik Killmonger, musuh pahlawan super Black Panther. Adegan dalam film Black Panther tersebut berakhir dengan sepasang sepupu yang melihat senja bersama di Wakanda.

Wakanda adalah sebuah negara fiktif dalam komik dan film besutan Marvel, Black Panther. Dikisahkan bahwa negara yang berada di benua Afrika ini memiliki persediaan vibranium (logam terkuat di bumi yang juga fiksi) segunung. Tak pelak membuat Wakanda menjadi negara yang super kaya dan maju dalam hal teknologi. Hanya saja berabad-abad lamanya, Wakanda menyamar menjadi negara ketiga, mengandalkan pertanian.

Keindahan alam dan budaya Wakanda yang akhirnya menjadi sorotan utama dalam film Black Panther. Meski fiksi, ada beberapa lokasi di Wakanda yang mirip dengan lokasi asli di bumi. Berikut destinasi tersebut:

 

1. Air Terjun Iguazu

Salah satu air terjun terindah di dunia, terletak di sebagian Provinsi Misiones, Argentina dan sebagian di Parana, Brasil. Air terjun ini memiliki jatuhan 275 titik, menjadikan Iguazu sebagai air terjun terluas di dunia (2,7 kilometer).

Di film Black Panther, Air Terjun Wakanda menyerupai Air Terjun Iguazu tetapi dalam versi lebih sempit. Air terjun menjadi lokasi penting, tempat penobatan raja dan ritual tarung.

 

2. Area Pertanian di Afrika

Perbatasan Wakanda dikisahkan sebagai lokasi penyamaran, negara ketiga dengan sumber pendapatan dari bercocok tanam. Tampak pemandangan desa yang subur dikelilingi gunung. Lokasi yang mirip dengan tempat tersebut memang benar ada di Afrika. Tepatnya di Afrika Selatan, Zambia, dan Uganda. Ladang dan kebun subur di lembah gunung.

 

3. Pasar di Afrika Selatan

Kostum di film Black Panther juga menarik dengan hiasan etnik dan warna-warni mencolok. Salah satu lokasi yang menampilkan kemeriahan kostum ini adalah pasar di Wakanda. Uniknya pasar-pasar di Afrika Selatan tak jauh berbeda dengan pasar di Wakanda. Penuh dengan benda kerajinan tangan etnik dan orang yang bepakaian dalam warna terang. Pasar Cape Town di Afrika Selatan jadi pasar menarik untuk melihat pemandangan mirip pasar di Wakanda.

 

4. Senja di Kilimanjaro

Adegan Black Panther dan Killmonger melihat senja bersama juga pasti berkesan di hati penonton. Sebenarnya ada lokasi yang hampir mirip dengan pemandangan tersebut yakni melihat senja berlatar Gunung Kilimanjaro. Ini adalah gunung tertinggii di Afrika yang terletak di Tanzania. Taman Nasional Amboseli adalah tempat yang tepat untuk melihat matahari tenggelam bersiluet Gunung Kilimanjaro.

 

(sumber: kompas.com)

12 Makanan Sehat untuk Kulit, Apa Saja?

Tabir surya membantu kulit dari luar untuk menjaga kelembapan alaminya agar tetap sehat. Akan tetapi, bantuan dari dalam, seperti makanan dan minuman tertentu, juga memiliki peran yang sama pentingnya untuk kesehatan kulit kita.

Pasalnya, di dalam makanan yang kita konsumsi terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Apa saja makanan sehat untuk kulit yang wajib dikonsumsi sehari-hari itu?

 

1. Stroberi

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan kaya vitamin C, seperti stroberi, membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan.

Peran vitamin C dalam melembapkan kulit mungkin disebabkan oleh kemampuannya menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga mendorong proses sintesis kolagen, yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

 

2. Pepaya

Pepaya adalah sumber sempurna lainnya dari vitamin C. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dapat melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar UV.

Makanan sehat untuk kulit yang juga kaya vitamin C selain pepaya adalah brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya.

 

3. Tomat

Banyak mengkonsumsi lycopene (zat karotenoid yang membuat tomat berwarna merah) dapat melindungi kulit dari panggangan sinar matahari.

Dalam suatu penelitian, partisipan yang terkena paparan sinar UV diketahui berisiko lebih kecil mengalami iritasi kulit setelah mengonsumsi 2,5  sendok makan pasta tomat atau meminum setidaknya 350 ml jus wortel setiap hari, sebagai tambahan dari makanan mereka sehari-hari selama 10 – 12 minggu.

 

4. Edamame

Edamame kaya akan isoflavone yang bertindak seperti antioksidan, membunuh dan membasmi radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Isoflavones dapat juga membantu pemulihan produksi kolagen, yang mulai melambat sekitar umur 20 tahunan.

 

5. Paprika Merah

Paprika merah ukuran sedang bisa memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari. Mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, karena vitamin C membantu perbaikan DNA yang rusak akibat sinar UV.

 

6. Labu

Seperti lycopene, beta carotene (bahan yang membuat labu berwarna orange) dapat melindungi kulit dari sinar UV. Beta carotene juga dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, yang dapat menjaga kesehatan mata, tulang, dan sistem imun.

 

7. Bayam

Bayam memiliki kadar lutein yang tinggi, berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ketika membeli bayam, pilihlah bayam di tumpukan paling atas, yang paling banyak terkena cahaya matahari.

Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bayam yang disimpan di bawah cahaya selama setidaknya 3 hari menunjukkan peningkatan kadar vitamin C, K, dan E, asam folat karotenoid lutein, serta zeaxanthin.

 

8. Kopi

Selain berbagai sayuran dan buah yang sudah disebutkan di atas, ternyata kopi juga masuk dalam makanan sehat untuk kulit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The European Journal of Cancer Prevention, satu cangkir kopi setiap hari mungkin dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 93 ribu wanita ini menunjukkan bahwa mereka yang meminum segelas kopi berkafein setiap hari terlihat pengurangan risiko berkembangnya kanker kulit nonmelanoma sebesar 10 persen.

 

9. Tahu

Tahu dapat membantu produksi kolagen yang dapat melembutkan kulit, karena tahu kaya akan isoflavone.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of the American College of Nutrition, tikus yang diberikan isoflavone dan kemudian terkena paparan sinar UV memiliki lebih sedikit kerutan dibanding tikus yang terpapar sinar UV dan tidak mendapat isoflavone.

Peneliti percaya bahwa isoflavone membantu mencegah kekurangan produksi kolagen.

 

10. Salmon

Menurut studi pada tahun 2009 dari the American Journal of Clinical Nutrition, kandungan asam lemak omega-3 DHA dan EPA (docosahexaenoic dan eicosapentaenoic acids) yang ditemukan dalam salmon dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV.

Peneliti mengikuti kebiasaan makan lebih dari seribu orang Australia dewasa selama kurang lebih 5 tahun dan menemukan bahwa mereka yang memakan lebih dari 5 ons ikan kaya omega-3 (seperti salmon) setiap minggunya dapat mengurangi hingga 30% risiko gejala kanker kulit.

 

11. Tuna

Tidak hanya salmon, tuna dan ikan lainnya yang kaya omega-3 juga masuk dalam daftar makanan sehat untuk kulit. Kandungan omega-3 dalam tuna dapat membantu kita menjaga kulit agar terlihat awet muda dan mencegah kanker kulit.

EPA (eicosapentaenoic), salah satu kandungan lemak dalam ikan yang mengandung omega-3, telah membuktikan kemampuan produksi collagennya, protein berserat yang menjaga kulit tetap halus.

Selain itu, DHA (docosahexaenoic acid) dalam omega-3 berfungsi sebagai pencegah kanker kulit dengan mengurangi peradangan yang sebabkan pertumbuhan tumor, kata Homer S. Black, Ph.D., professor emeritus departemen dermatologi Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat.

 

12. Jagung

Jagung adalah sumber terbaik dari lutein, sejenis zat carotenoid. Seperti lycopene, lutein melindungi kulit dari kerusakan sinar UV.

Jika sedang tidak musim jagung, jangan ragu untuk beralih ke alternative jagung beku. Sayuran beku bisa jadi lebih sehat dibandingkan yang segar dijual di supermarket, kata Gene Lester, Ph.D., seorang psikolog tanaman di USDA Agricultural Research Service.

Mengapa? Buah dan sayuran yang dipilih untuk dibekukan biasanya diproses saat puncak kematangannya, saat di mana buah dan sayuran tersebut dapat dikatakan sedang bernutrisi penuh.

 

(sumber: kompas.com)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates